Gus Halim Minta Irjen Kemendes PDTT Tingkatkan Pengawasan Program Sejak Perencanaan

| Kamis, 07/12/2023 20:38 WIB
Gus Halim Minta Irjen Kemendes PDTT Tingkatkan Pengawasan Program Sejak Perencanaan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim meminta Inspektorat Jenderal (Irjen) atau para auditor agar terus meningkatkan pengawasan terhadap program-program yang akan dilaksanakan.

“Bukan sekadar melihat bagaimana hasil kerja, tapi juga sebelum bekerja pun harus mulai dikawal,” ujar Gus Halim saat memberikan pengarahan Rapat Koordinasi Pengawasan di Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/12/2023) kemarin.

Gus Halim juga mengingatkan agar jangan ada lagi program yang sekadar copy paste dari tahun-tahun sebelumnya. Kalaupun ada kemiripan program harus ada inovasi tidak cukup hanya variasi. Hal itu harus menjadi catatan bagi auditor saat melakukan pengawasan program.

Selain itu, Itjen juga harus mampu memberikan rekomendasi perbaikan tata kelola dengan data-data yang faktual, tidak bias kepentingan, hanya diarahkan untuk perbaikan biokrasi.

“Itjen juga harus bisa mengelola resiko dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, meningkatkan sistem pengendalian intern dan reformasi birokrasi, dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik,” tukasnya.

Tags : Gus Halim , Kemendesa PDTT