KPU RI Tak Tutup Kemungkinan Konten Kreator Jadi Moderator Debat Capres-Cawapres

| Kamis, 07/12/2023 22:50 WIB
KPU RI Tak Tutup Kemungkinan Konten Kreator Jadi Moderator Debat Capres-Cawapres Ketua KPU RI Hasyim Asyari (foto: kpu)

RADARBANGSA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tak menutup kemungkinan konten kreator untuk menjadi moderator debat capres-cawapres peserta Pemilu 2024.

"Iya ada kemungkinan, tetapi intinya kan karena ini yang akan menyiarkan adalah televisi, (moderator) yang kira-kira friendly dan familiar dengan kamera," kata Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari dilansir dari antaranews, Kamis, 7 Desember 2023.

Lebih lanjut Hasyim menerangkan bahwa salah satu kriteria moderator adalah yang menguasai tema debat yang telah ditentukan, sehingga dapat menggali pemahaman capres/cawapres.

"Betul, tentu saja itu jadi bahan pertimbangan, dan durasinya ketika moderator bertanya atau memperdalam itu tidak mengurangi porsi masing-masing capres maupun cawapres ketika menjawab," ujarnya.

Di satu sisi, Hasyim mengatakan bahwa tiap debat akan diisi oleh dua moderator. Sementara itu, tambah Hasyim, pihaknya telah menyiapkan usulan nama moderator, tetapi masih menunggu usulan nama lainnya dari tiap pasangan calon (paslon) capres-cawapres.

"Masing-masing debat satu sampai debat kelima itu moderatornya ada dua orang, laki-laki dan perempuan. Ini setelah kita matangkan, kami juga minta usulan dari tim pasangan 1, 2, dan 3, sama dengan usulan panelis tadi maksimal disampaikan kepada KPU besok hari Jumat tanggal 8 Desember 2023," tukasnya.

Tags : KPU RI , Konten Kreator , Debat , Moderator , Pilpres