Majelis Taklim Indonesia Serukan Pemilu Jujur, Adil, Bermartabat dan Damai

| Rabu, 31/01/2024 18:22 WIB
Majelis Taklim Indonesia Serukan Pemilu Jujur, Adil, Bermartabat dan Damai Majelis Taklim Indonesia sampaikan seruan moral untuk Pemilu bermartabat dan jurdil, Rabu (31/1) di Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Di tengah kontestasi politik yang bergejolak menjelang Pemilihan Umum Indonesia 2024, Majelis Taklim Indonesia di bawah inisiasi Harakah Majelis Taklim mengadakan acara “Seruan Moral untuk Pemilu Jujur, Adil, Damai, dan Bermartabat.” Kegiatan yang diselenggarakan di Yayasan Yatim Piatu Al-Akhyar, Cilandak Timur, Jakarta Selatan ini dihadiri oleh para pemimpin Majelis Taklim dari Jabodetabek, dengan total 250 peserta yang hadir secara luring dan 66 peserta yang hadir secara daring.

Adanya seruan moral ini dilatarbelakangi oleh keresahan yang dirasakan para anggota majelis taklim atas adanya proses Pilpres dan Pileg yang telah mencederai etika bernegara, mulai dari pelanggaran etik di Mahkamah Konstitusi, ketidaknetralan pejabat dan aparatur negara, politik uang, hingga penyalahgunaan kekuasaan dan fasilitas negara, pemaksaan untuk memilih pasangan calon (Paslon) tertentu, hingga intimidasi kepada pihak yang berbeda pilihan. 

Sebelumnya, seruan pemilu damai juga telah dilakukan oleh organisasi lain seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam sambutannya, Ketua Pengurus Pusat Harakah Majelis Taklim (PP HMT) Ustadzah Nuryati menyampaikan bahwa kriteria pemimpin yang iedeal adalah sesuai dengan cerminan sifat Rasulullah SAW, yakni Shiddiq, Amanah, Tabigh, Fathonah.

Prof. Dr. Valina Sinka Subekti sangat mendukung acara ini agar terciptanya pemilu yang jujur, adil, bermartabat dan damai. Valina juga menyampaikan bahwa peran perempuan, khususnya para ibu sangatlah penting karena mereka merupakan sekolah pertama (Madrasatul Ula) bagi anak-anaknya. Selanjutnya, Ustadzah Umanah Hilwani menyampaikan bahwa tidak apa-apa kita berbeda pilihan. Hanya saja untuk memilih kita harus punya dasar. 

Acara ini ditutup dengan pembacaan seruan moral pemilu damai Indonesia yang disampaikan oleh PP, PW, dan PC Harakah Majelis Taklim (HMT), Forum Komunikasi Ustadzah (FOKUS), Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Forum Komunikasi Mejelis Taklim (FKMT), Persatuan Majelis Taklim (PERMATA).

Tags : Seruan Moral , Majelis Taklim , Indonesia , Pemilu

Berita Terkait