Cegah Kecurangan, Nduk Nik Awasi Langsung Rekapitulasi Tingkat Kecamatan

| Senin, 19/02/2024 18:17 WIB
Cegah Kecurangan, Nduk Nik Awasi Langsung Rekapitulasi Tingkat Kecamatan Caleg DPR RI dari PKB, Nihayatul Wafiroh meninjau dan mengawasi rekapitulasi suara Pileg tingkat kecamatan (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Calon Legislatif (Caleg) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) asal Dapil Jatim III Nihayatul Wafiroh secara langsung meninjau sekaligus mengawasi proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 di Kecamatan Tapen, Bondowoso, Senin (19/2/2024).

Perempuan yang akrab disapa Nduk Nik itu menyatakan, prosesi penghitungan rekapitulasi suara Pemilu 2024 begitu penting diawasi secara langsung untuk meminimalisir praktik kecurangan yang kerap terjadi.

"Ya saya sudah kali ketiga ikut Pileg, dan selama ini sudah biasa meninjau dan mengawasi langsung rekapitulasi," kata Nduk Nik.

"Tentu penting (pengawasan langsung) ya, karena kita kan tidak bisa menjamin adanya kecurangan-kecurangan. Jadi kalau kita awasi langsung semoga itu tidak terjadi," sambungnya.

Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI yang membidangi Pemilu, tugas dalam negeri dan sekretariat negara itu juga berharap  para petugas Pemilu di Kecamatan tetap mengikuti aturan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“PPK ini kan sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan. Jadi harus kompak, sehingga penghitungannya berjalan lancar,” ujarnya.

Selain memastikan penghitungan rekapitulasi Pemilu berjalan lancar, Nduk Nik juga meminta agar pihak yang bersangkutan menjaga lokasi, ketika proses penghitungan rekapitulasi suara berlangsung, sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Berjalannya penghitungan rekapitulasi ini harus dijaga ketat sesuai dengan aturan di sini, jangan sampai sembarang orang bisa masuk, agar proses dapat berjalan dengan tertib,” tukasnya.

Tags : Nihayatul Wafiroh , PKB , Jatim III