Pemerintah Bentuk Tim Subtansi untuk G20 EWG Brasil

| Selasa, 20/02/2024 19:54 WIB
Pemerintah Bentuk Tim Subtansi untuk G20 EWG Brasil Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) membentuk Tim Substansi Pemerintah RI untuk G20 Employment Working Group (EWG) Presidensi Brasil.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan, tim substansi yang dibentuk terdiri dari perwakilan beberapa unit teknis di Kemnaker dan didukung lintas sektor Kementerian/Lembaga untuk mengoptimalkan eksistensi Pemerintah dalam pertemuan-pertemuan G20 EWG 2024.

"Pertemuan Tim Substansi hari ini  juga sebagai pemantapan kesiapan Indonesia dalam penyusunan bahan posisi Pemerintah dalam rangka menghadiri pertemuan the 1st G20 EWG Presidensi Brasil 2024, " ujar Anwar Sanusi di Jakarta, Senin, 19 Februari 2024.

Anwar Sanusi berharap Tim Substansi G20 Kemnaker yang telah ditunjuk memiliki kualitas dan kapasitas, dapat bekerja secara sungguh-sunguh dan terus mendukung dalam hal penyiapan substansi dan modalitas Pemerintah selama Presidensi G20 Brasil tahun 2024. "Bukan hanya untuk persiapan pertemuan the 1st G20 EWG terdekat, tapi juga untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya hingga pertemuan tingkat Menteri nanti, " katanya.

Anwar Sanusi menambahkan  berakhirnya Presidensi G20 India bulan September 2023, dan dimulainya Presidensi G20 Brasil sejak 1 Desember 2023 lalu, sekaligus menandai berakhirnya Indonesia sebagai Anggota Troika G20.

"Namun, meskipun keanggotaan Indonesia sebagai Troika telah berakhir, kita tetap harus memastikan hasil pencapaian (expected outcome) Presidensi G20 Indonesia dapat dilanjutkan untuk diimplementasikan di Presidensi G20 Brasil, khususnya dalam bidang ketenagakerjaan, " ujar Anwar.

Tags : Kemnaker , Ketenagakerjaan