KPU RI Gelar Penghitungan Suara Pemilu 2024 Hari ini

| Rabu, 28/02/2024 08:05 WIB
KPU RI Gelar Penghitungan Suara Pemilu 2024 Hari ini Ketua KPU RI Hasyim Asyari (foto: kpu)

RADARBANGSA.COM - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) dijadwalkan menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di luar negeri pada Rabu (28/2).

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa rapat tersebut akan dimulai pukul 09.00 WIB di Kantor KPU RI, Jakarta. Proses rekapitulasi dimulai dari hasil penghitungan suara yang sudah diselesaikan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

"Kami akan mulai hari Rabu, tanggal 28 Februari 2024, pukul 9 pagi," kata Hasyim dilansir dari antaranews, Rabu, 28 Februari 2024.

Ia menuturkan, dari 128 PPLN di seluruh dunia, sampai hari ini sebanyak 36 PPLN sudah siap hadir di Kantor KPU RI.

"Dan sudah siap mengikuti rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara," tukasnya.

Hasyim menjelaskan bahwa rekapitulasi penghitungan suara itu bersifat rapat pleno dan terbuka yang dihadiri masing-masing saksi peserta pemilu, baik saksi dari calon presiden dan wakil presiden maupun partai politik.

Selain itu, akan disaksikan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dan para pemangku kepentingan lainnya.

"Rapat pleno terbuka sehingga siapa pun bisa mengaksesnya," tambah Hasyim.

Rapat pleno terbuka hasil penghitungan suara Pemilu 2024 oleh PPLN sudah berlangsung hingga 22 Februari lalu. Sementara rapat pleno di tingkat kecamatan akan berlangsung hingga 2 Maret.

Kemudian rapat pleno tingkat kabupaten/kota berlangsung hingga 5 Maret 2024. Terakhir, rapat pleno terbuka hasil perhitungan suara Pemilu 2024 tingkat nasional berlangsung hingga 20 Maret.

Tags : KPU RI , Pleno , Penghitungan Suara , Pemilu