Kemnaker Gelar Temu Teknis Penanggung Jawab K3 Nasional di NTT

| Kamis, 07/03/2024 16:50 WIB
Kemnaker Gelar Temu Teknis Penanggung Jawab K3 Nasional di NTT Dirjen Binwasnaker & K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja(K3) menggelar Temu Teknis Penanggung Jawab K3 Nasional pada tanggal 5-8 Maret 2024 di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Dalam sambutannya, Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang mengatakan, era globalisasi saat ini masih menghadapi tantangan yang membawa perubahan di berbagai bidang, yang berdampak munculnya profesi baru, pola kerja baru, perubahan waktu kerja, serta teknologi baru yang dapat menyebabkan potensi bahaya dan risiko baru.

“Perubahan-perubahan tersebut menjadi tantangan mendasar mengenai bagaimana memastikan perlindungan berkelanjutan bagi seluruh pekerja, terutama pada masa-masa sulit atau pada saat krisis ekonomi, khususnya terkait dengan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja (K3),” kata Haiyani Rumondang.

Adapun dalam menghadapi tantangan masa kini, Haiyani mengajak pihak-pihak terkait untuk berkomitmen pada kerja sama lintas sektor, membangun sinergi pelayanan K3 yang kokoh, dan memastikan bahwa kebijakan yang diterapkan memberikan dampak positif secara nyata bagi masyarakat.

“Capaian pelayanan pengujian K3 di UPT Balai Besar K3 Jakarta dan Balai K3 baik UPTP/UPTD yang telah dicapai agar tidak dijadikan sebagai kebanggaan semata, tetapi juga bagaimana upaya untuk meneruskan dan meningkatkan kinerja,” tambahnya.

Haiyani juga meminta untuk terus berbenah diri dalam penyediaan sarana prasarana, sumber daya manusia dan perangkat penunjang lainnya dengan core values berAKHLAK dan employer branding ASN 'Bangga Melayani Bangsa'.

“Saya yakin bahwa dengan kolaborasi yang kuat, kita dapat mengubah tantangan menjadi peluang untuk mencapai tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi," ucapnya.

Tags : Kemnaker , K3