Mendes PDTT Halim Iskandar Minta Pengurus BUMDes Dipilih Lewat Musdes

| Jum'at, 22/03/2024 20:05 WIB
Mendes PDTT Halim Iskandar Minta Pengurus BUMDes Dipilih Lewat Musdes Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar minta pengurus BUMDesa dipilih melalui forum Musyawarah Desa (Musdes).

"Pemilihan pengurus BUMDesa sebaiknya dilakukan di forum musdes. Ini sangat penting karena kesalahan dalam memilih pengurus BUMDesa akan berdampak pada pengelolaan BUMDesa sendiri," kata Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar dalam rilisnya, Kamis, 21 Maret 2024.

Menurut Gus Halim, sapaan akrabnya, BUMDesa saat ini telah menjadi bagian penting dalam kesejahteraan masyarakat desa. Hal ini dibuktikan dengan eksistensi BUMDesa selama masa pandemi dalam peningkatan ekonomi warga desa.

Lebih lanjut Gus Halim juga menyinggung terkait peluang hasil penelitian Dirjen Harlina terkait ‘Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional Terhadap Kinerja BUMDesa, Dimediasi Kapabilitas Inovasi, dan Dimoderasi Dukungan Pemerintah’ di Jawa Timur untuk dijalankan di daerah lain.

“Di antaranya di Papua, Maluku Utara, Nias, Sulawesi, dan beberapa wilayah lain yang BUMDesanya mengalami kemajuan meskipun tidak demikian dengan status desanya,” ungkapnya.

Tags : Gus Halim , Kemendesa PDTT