Tingkatkan Pelayanan Penumpang, Pemerintah Lakukan Pengembangan Stasiun Tanah Abang

| Senin, 06/05/2024 17:02 WIB
Tingkatkan Pelayanan Penumpang, Pemerintah Lakukan Pengembangan Stasiun Tanah Abang Proyek pengembangan Stasiun Tanah Abang, Jakarta (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Kereta Api Indonesia tengah mengembangkan stasiun Tanah Abang guna meningkatkan pelayanan kepada penumpang.

“Kami bersama dengan Pemprov DKI Jakarta dan PT KAI berupaya untuk menaikkan tingkat pelayanan kepada penumpang di Stasiun Tanah Abang, baik dari sisi kemudahan, kenyamanan maupun aksesibilitas," ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian, Kemenhub, Risal Wasal di Jakarta, Minggu 5 Mei 2024.

Risal menjelaskan, proyek peningkatan dan pengembangan yang dilakukan antara lain pembangunan stasiun baru, penambahan jalur kereta dari empat menjadi enam jalur, penambahan peron dari dua menjadi empat, dan penataan fasilitas integrasi antarmoda.

“Adapun ruang lingkup pekerjaan dari masing-masing pihak yaitu Kemenhub membangun gedung stasiun baru dan jalan kereta api, fasilitas operasi KA (rel, persinyalan), serta Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di atas jalur KA,” tuturnya.

Kemudian, lanjut Risal, Pemprov DKI membangun pelebaran jalan dan fasilitas integrasi antar moda, “Sedangkan PT KAI membangun area parkir serta penataan e-ticketing, pembangunan plaza dan halaman stasiun, serta fasilitas intermoda dan kanopi,” tukasnya.

Tags : Stasiun Tanah Abang , Kemenhub

Berita Terkait