Prestasi Sepakbola Indonesia Merosot, PKB: Benahi Federasinya

| Sabtu, 02/11/2019 09:10 WIB
Prestasi Sepakbola Indonesia Merosot, PKB: Benahi Federasinya Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful huda (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda menyoroti turunnya prestasi Sepak bola di kancah internasional. Dia meminta Pemerintah segera membenahi persepakbolaan Indonesia dengan menjaga Kongres PSSI agar berjalan bersih dan fair.

“Kongres PSSI yang digelar mulai esok hari harus benar-benar dipastikan berjalan fair dan bersih dari unsur-unsur kecurangan,” ujar Syaiful, di Jakarta, Jumat 1 November 2019.

Langkah pertama yang perlu dibenahi adalah manajemen federasi. Menurut Huda, pembenahan sepak bola di Indonesia sangat tergantung pada keberadaan federasi yang bersih.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, apabila federasi bersih maka proses pembenahan tata kelola sepak bola di tanah air bakal dipastikan bisa berjalan dengan baik.

“Federasi merupakan kunci pembenahan sepak bola di tanah air. Jika federasi diurus dengan baik oleh orang-orang yang punya integritas dan kapabilitas maka manajemen kompetisi, manajemen organisasi klub, hingga manajemen penonton bisa dilakukan dengan baik,” ujarnya.

Huda menegaskan pemerintah harus memastikan jika gelaran Kongres sebagai forum pengambil keputusan tertinggi di PSSI bisa berjalan dengan fair. Tentu pemerintah tidak harus melakukan intervensi yang bisa memicu sanksi dari FIFA.

Proses kontrol tersebut bisa dilakukan dengan memanggil para stake holder sepak bola nasional dengan meminta jaminan agar proses kongres dilakukan dengan fair,” katanya.

Dia juga menyebut sepak bola merupakan olah raga favorit di Indonesia. Banyak orang menaruh harapan  agar tim sepak bola nasional bisa berprestasi baik di level regional maupun internasional.

Sepak bola kita ini sering membikin patah hati para pencintanya. Harapan pendukung agar timnas sepak bola kita berprestasi tidak kunjung terpenuhi dan sering berujung pada kekecewaan mendalam,” ujarnya.

Tags : PKB , Syaiful Huda , PSSI , Sepakbola