Alasan Fisik, Jorge Lorenzo Putuskan Pensiun dari MotoGP

| Jum'at, 15/11/2019 22:05 WIB
Alasan Fisik, Jorge Lorenzo Putuskan Pensiun dari MotoGP Jorge Lorenzo (Tim Repsol Honda). (Foto: tribunnnewscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pembalap Tim Repsol Honda Jorge Lorenzo memastikan bakal mengakhiri kariernya di ajang MotoGP pada akhir musim ini. Balapan terakhir di Valencia pada Minggu, 17 November 2019 dipastikan jadi penampilan terakhir pembalap asal Spanyol itu.

Lorenzo resmi mengumumkan pensiunnya saat konferensi pers pada Kamis, 14 November 2019 malam WIB. Kondisi fisik menjadi alasan sang pembalap mengambil keputusan tersebut.

Sejatinya, Lorenzo masih memiliki kontrak satu tahun lagi bersama Honda. Namun, setelah mengalami cedera parah pada pertengahan musim di Sirkuit Assen, Belanda membuatnya mengalami retak tulang belakang sehingga performanya tidak kunjung membaik.

Lorenzo tercatat telah meraih lima gelar selama berkarier di MotoGP. Bahkan, pembalap kelahiran Palma, 4 Mei 1987 itu sukses meraih gelar juara dunia pertamanya musim 2010.

Gelar juara pertamanya diraih pada 2006 di kelas 250 cc yang kini menjadi Moto2. Di tahun keduanya mentas di kelas tersebut, Lorenzo bisa tampil begitu trengginas hingga mengoleksi delapan kemenangan dan empat podium pada musim tersebut.

Tren positif Lorenzo pun berlanjut ke musim berikutnya. Ia berhasil mempertahankan gelar juara di pentas 250 cc 2007 setelah mengoleksi total 312 poin.

Kesuksesan Lorenzo di MotoGP diraihnya saat bersama Yamaha. Dia tiga kali keluar sebagai juara dunia, yakni 2010, 2012 dan 2015. 

Tags : Jorge Lorenzo , MotoGP , Yamaha , Repsol Honda

Berita Terkait