Olimpiade Tokyo 2020 Berpeluang Dibatalkan

| Kamis, 15/04/2021 18:57 WIB
 Olimpiade Tokyo 2020 Berpeluang Dibatalkan Olimpiade Tokyo (sumber:beritasatu.com)

RADARBANGSA.COM – Lonjakan kasus pandemi Covid-19 memicu kekhawatiran pengadaan Olimpiade Tokyo 2020 yang rencananya akan diadakan kurang dari 100 hari lagi. Peluang dibatalkanya Olimpiade Tokyo 2020 bisa saja terjadi jika virus corona terbukti terlalu berbahaya.

Toshiro Nikai, politisi Jepang dari Partai Demokrat Liberal yang sedang berkuasa, mengatakan bahwa Olimpiade harus langsung dibatalkan tanpa ragu-ragu jika situasi virus terlalu parah.

"Kami perlu membuat keputusan tergantung pada situasi saat itu. Kami harus membatalkannya tanpa ragu jika sudah tidak memungkinkan lagi,” ucap Toshiro Nikai.

Olimpiade Tokyo 2020 telah dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 24 Juli hingga 9 Agustus 2021 dan masih banyak persiapan sebelumnya yang harus dilakukan. Walaupun telah ditunda selama satu tahun, Olimpiade Tokyo masih dihantui masalah pandemi.

Penyelenggara dan pejabat Olimpiade tetap bersikeras Olimpiade akan berjalan dengan aman, tetapi Toshiro Nikai orang kedua paling penting dari Partai Demokrat Liberal mengatakan bahwa semua opsi ada di atas meja, bahkan pembatalan Olimpiade.

"Ya, tentu saja. Jika infeksi menyebar karena Olimpiade, saya tidak tahu untuk apa Olimpiade itu." kata Nikai,

"Kami pasti ingin sukses. Untuk itu, ada berbagai masalah yang harus diselesaikan. Penting untuk diselesaikan satu per satu." lanjut Nikai.

Sementara Gubernur Tokyo Yuriko Koike tetap berfikir positif dan mengatakan apa yang disampaikan Nikai sebagai dorongan untuk negara agar dapat mengendalikan pandemi.

"Saya menganggapnya sebagai pesan dorongan kuat bahwa kita harus mengendalikan virus corona dengan segala cara," ucapnya.

Tags : Olimpiade Tokyo