Ketua Penyelenggara Tepis Isu Pembatalan Olimpiade Tokyo

| Jum'at, 16/04/2021 19:40 WIB
Ketua Penyelenggara Tepis Isu Pembatalan Olimpiade Tokyo Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach (kiri) dengan Gubernur Tokyo Yuriko Koike (sumber:beritastau.com)

RADARBANGSA.COM - Kepala badan penyelenggara Olimpiade Tokyo, Seiko Hashimoto membantah adanya isu kemungkinan dibatalkannya acara atau penundaan penyelenggaraan olimpiade meskipun kasus Covid-19 di Jepang sedang melonjak.

Bantahan Seiko Hashimoto disampaikan setelah Toshihiro Nikai, seorang tokoh politikus paling penting nomer dua Partai Demokrat Liberal (LPD) yang sedang berkuasa di Jepang, mengatakan terdapat opsi pembatalan Olimpiade jika kasus pandemi Covid-19 terus melonjak dan berbahaya.

"Kami perlu membuat keputusan tergantung pada situasi saat itu. Kami harus membatalkannya tanpa ragu jika sudah tidak memungkinkan lagi,” Kata Toshihiro Nikai.

Seiko Hashimoto mengatakan bahwa panitia penyelenggara tidak berfikir sama sekali untuk membatalkan pertandingan, walaupun di tengah kekhawatiran. 

“Ada berbagai kekhawatiran tetapi sebagai panitia penyelenggara Tokyo 2020 kami tidak berpikir untuk membatalkan pertandingan,” jelas Hashimoto.

Hashimoto mendengar perhatian Nikai dan menilai apa yang dikatakan oleh Nikai dipicu oleh kekhawatiran publik Jepang. Melihat dari dukungan publik Jepang untuk mengadakan acara ini masih rendah. Jajak pendapat menunjukkan sebanyak 80% publik Jepang menentang penyelenggaraan Olimpiade selama pandemi.

“Fakta bahwa dia (Nikai) prihatin adalah hal yang perlu kita anggap serius. Komentarnya mengingatkan kami tentang betapa membosankannya bagi kami untuk merasa percaya diri atau sepenuhnya siap untuk menggelar permainan,” ucapnya.

Tags : Olimpiade Tokyo