Hendak Pulang Ke DKI, 3 Atlet PON Papua Positif Covid-19

| Selasa, 05/10/2021 13:09 WIB
Hendak Pulang Ke DKI, 3 Atlet PON Papua Positif Covid-19 Kontingen DKI Jakarta di puncak klasemen sementara perolehan medali pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 (foto:kemenpora.go.id)

RADARBANGSA.COM - Tiga atlet asal DKI di PON Papua dinyatakan positif Covid-19. Ketua KONI DKI Jamhuron menjelaskan ketiga atlet terkonfirmasi positif Covid-19 setelah melakukan tes PCR ketika hendak kembali ke Jakarta, selanjutnya akan menjalani isolasi mandiri.

"Iya, ada (atlet terpapar COVID-19), sudah selesai pertandingan, jadi nggak boleh pulang, suruh istirahat di RS di Papua," kata Jamhuron dilansir detik.com, Selasa, 5 Oktober 2021.

"Di Papua, nggak boleh pulang sudah selesai bertanding, mau pulang PCR, jadi nggak boleh pulang dulu," tuturnya.

Jamhuron menyampaikan ketiga atlet itu berasal dari cabang olahraga berbeda. Dia mengatakan pertandingan tidak terhambat karena ketiga atlet terkonfirmasi positif COVID setelah bertanding.

"Sepatu roda, atlet judo, (satu lagi) saya nggak hafal. Nggak mempengaruhi pertandingan. Cuma nggak boleh pulang saja sekarang. Ini harusnya sudah pulang, tapi belum boleh pulang," ujarnya.

Sementara Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menyatakan dengan adanya kasus atlet terpapar Covid-19 tidak akan membuat PON Papua dihentikan.

"Saya pikir mereka sudah divaksinasi sebelum ke sini [Papua]. Jadi jika ada satu atau dua yang positif Covid-19, itu normal. Tidak masalah," ujar Zainudin.

"Tidak mungkin kita tiba-tiba membatalkan PON karena ada atlet terpapar Covid-19. Event-nya sudah berjalan, bahkan ada yang sudah dapat medali," sambungnya dikutip dari CNN.

Sebelum ketiga atlet dari DKI diketahui positif, ada pula dua atlet judo asal Kalimantan Timur yang terpapar Covid-19. Kedua atlet tersebut juga sudah diisolasi di RSUD Mimika.

Tags : Covid-19 , PON XX Papua , AtletPositifCovid

Berita Terkait