MotoGP: Fabio Quartararo Kritik Sprint Race Karena Jadwal Balapan Makin Padat

| Jum'at, 29/12/2023 17:50 WIB
MotoGP: Fabio Quartararo Kritik Sprint Race Karena Jadwal Balapan Makin Padat Fabio Quartararo (Pembalap Tim Monster Yamaha). (Foto: twitter @FabioQ20)

RADARBANGSA.COM - Pebalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo mengkritik jumlah sprint race yang semakin banyak seiring berjalannya waktu. Menurutnya, jadwal padat yang dihadapi pebalap beresiko membuat mereka rentan crash dan mengalami cedera.

Quartararo mengeluhkan banyaknya jumlah sprint race yang membuat jadwal balapan makin padat. Meski terkesan menarik untuk para fans, tetapi nyatanya para pebalap harus mengeluarkan tenaga ekstra di setiap sesi sprint. 

Tidak sedikit pula pebalap yang mengalami cedera akibat crash di sprint race. Quartararo lantas mendesak pihak penyelenggara agar mempertimbangkan jumlah sprint race agar tidak membahayakan bagi para pebalap MotoGP.

"Tapi tentu saja ini adalah musim yang sulit dengan sprint race dan saya rasa tidak perlu melakukan sprint race setiap akhir pekan. Ini (banyak pembalap cedera) bukan suatu kebetulan. Itu adalah masalah besar," kata Quartararo dikutip dari ligaolahraga, Jumat, 29 Desember 2023.

"Menurut saya olahraga itu sudah berbahaya. Sebagai seorang pembalap, saya dapat meyakinkan Anda bahwa terkadang Anda lebih lelah saat sprint dibandingkan saat balapan GP. Secara fisik, sepeda motor menjadi semakin menuntut. Saya rasa kita tidak memerlukan sprint race di setiap Grand Prix," tukasnya.

Kalender balap yang semakin padat memang jadi tantangan tersendiri untuk para pebalap. Quartararo sendiri harus menjaga kondisi tubuhnya agar bisa stabil di setiap seri.

Tags : MotoGP , Fabio Quartararo , Yamaha , Sprint Race