Hari Ini Jokowi Resmikan Pabrik Mobil Esemka di Boyolali

| Jum'at, 06/09/2019 09:32 WIB
Hari Ini Jokowi Resmikan Pabrik Mobil Esemka di Boyolali Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah meneken Perpres tentang Mobil Listrik. (Dok Setkab RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi hari ini dijadwalkan meresmikan pabrik perakitan mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat 6 September 2019.

Kepastian Jokowi menghadiri peresmian pabrik ini diketahui melalui undangan yang viral di kalangan awak media Kamis malam, 5 September 2019.

Pabrik perakitan mobil Esemka yang berada di bawah naungan PT Solo Manufaktur Kreasi itu berada di Desa Demangan Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Pabrik Esemka di Boyolali menghabiskan dana investasi senilai Rp 600 miliar. Pabrik ini berdiri di atas lahan seluar 115 ribu meter per segi dengan luas bangunan 12.500 meter per segi. Tanah itu disewa untuk jangka waktu selama 30 tahun. 

Pabrik ini juga dilengkapi dengan ruang pamer, pengecatan, perakitan kendaraan, perakitan mesin, pengetesan mesin, pengetesan kendaraan, dan inspeksi. 

Mobil Esemka saat ini sebagian besar telah menggunakan komponen yang disuplay dari perusahaan lokal. Mulai dari bak dan chassis (PT INKA), blok mesin dan blok transmisi (PT Cikarang Persada Manufacturing), dashboard dan setir (PT Usra Tampi), Radiator (PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna), Kaca Depan (PT Armada Indah Agung Glass), Ban (PT Gajah Tunggal), Bak/Kargo (ACC Bawen Karoseri dan PT INKA), Pelumas (Pertamina). 

Oil filter dan Fuel Filter dibuat oleh PT Selamat Sempurna, Accu (PT Nippress Energi Otomotif), Air Filter (PT Duta Nichindo Pratama), Knalpot (Catur Karya Manunggal), Jok (Bawen Karoseri), Starter Assy (Fuller Autoparts Indonesia), Per Daun (Indospring), Shock Breaker (Samudra Luas Paramacitra), dan masih banyak lagi. 

Tags : Jokowi , Esemka