Top! Jokowi Resmikan ‘Tol Langit’ Jangkau 514 Kota se Indonesia

| Senin, 14/10/2019 12:15 WIB
Top! Jokowi Resmikan ‘Tol Langit’ Jangkau 514 Kota se Indonesia Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @jokowi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara Jakarta, Senin 14 Oktober 2019.

Jokowi mengatakan bahwa Palapa Ring yang juga kerap diberi istilah Tol Langit ini dapat mengkoneksikan ratusan kabupaten/kota dari 34 provinsi di Indonesia.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrrahmanirahim, saya resmikan pengoperasian Palapa Ring yang menghubungkan 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia," kata Jokowi saat meresmikan Palapa Ring di Istana Negara.

Proyek pembangunan Palapa Ring sudah dimulai sejak 2016 dan dibangun secara bertahap, mulai dari Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan terakhir Palapa Ring Timur.

Ketiga paket tersebut telah rampung sejak Agustus 2019. Peresmian Palapa Ring ini juga ditandai dengan penandatangan prasasti digital oleh Jokowi.

Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer.

Pembangunan jaringan serat optik nasional menjangkau 57 kabupaten/kota yang merupakan daerah terpencil dengan kontur geografis yang sulit dan potensi pengguna yang relatif kecil.

Hal inilah yang membuat proyek ini juga dijuluki proyek pembangunan jaringan tulang punggung. Ini karena menjadi tulang punggung sistem telekomunikasi nasional yang menjangkau 514 kabupaten/kota.

Tags : Jokowi , Tol Langit , Palapa Ring