LAPAN Luncurkan Roket RX450-5 Dengan Jangkauan 100 KM Lebih

| Kamis, 03/12/2020 20:20 WIB
LAPAN Luncurkan Roket RX450-5 Dengan Jangkauan 100 KM Lebih Peluncuran Roket RX450-5 (Doc: LAPAN)

RADARBANGSA.COM - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) meluncurkan roket eksperimen RX450-5 pada Rabu kemarin.

Detik-detik peluncuran roket ini disiarkan secara khusus untuk pejabat internal LAPAN serta tamu undangan yang salah satunya Menteri Riset dan Teknologi, Prof. Dr. Bambang S. Brodjonegoro.

Menristek mengatakan misi besar Indonesia ke depan adalah mampu meluncurkan satelit dengan roket sendiri. Oleh karenanya ia mengapresiasi kinerja LAPAN kali ini.

“Apresiasi karena LAPAN tidak menyurutkan upayanya untuk terus memperkuat teknologi roket. Kami berupaya untuk menjalin kerja sama penelitian dengan negara lain, termasuk transfer teknologi roket karena teknologi ini sangat dibutuhkan Indonesia,” demikian ungkap Bambang di Jakarta, Rabu 3 Desember 2020.

Kegiatan Uji terbang RX450-5 ini dilakukan untuk mendapatkan data kinerja terbang roket sehingga nantinya dapat dilakukan pengoptimalisasian produk. Data kinerja terbang yang didapatkan antara lain karakteristik pergerakan roket, jarak jangkau, serta data telemetri dari muatan roket mulai dari detik pertama peluncuran hingga roket kembali jatuh ke bumi.

Untuk diketahui, Roket RX450-5 adalah roket kelima yang diuji sejak peluncuran pertama pada 2015. RX450-5 merupakan baseline dari roket jangkauan 100 km lebih yang akan menjadi awal pengembangan roket dua tingkat.

Sedangkan roket dua tingkat LAPAN sendiri ditargetkan dapat mengudara pada tahun 2025 dengan misi penelitian atmosfer pada ketinggian 200 km.

“Uji terbang RX450-5 perlu dilakukan untuk memastikan kinerja terbang roket. Terlebih RX450-5 merupakan baseline pengembangan program PRN Roket Dua Tingkat. Ini adalah upaya kami dalam penguasaan teknologi keantariksaan,“ ungkap Tim LAPAN.

Ke depan, LAPAN menilai pengembangan roket penting untuk mendukung sistem komunikasi dan pertahanan bagi negara kepulauan seperti Indonesia.

“Indonesia memerlukan kemajuan teknologi roket yang merupakan teknologi terdepan (frontier) untuk menjaga keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Indonesia,” tukas mereka.

Tags : Lapan , Roket RX450-5

Video Terkait