Badge Award Akan Diberikan Polri Bagi Pelapor di Sosial Media

| Senin, 22/03/2021 13:50 WIB
Badge Award Akan Diberikan Polri Bagi Pelapor di Sosial Media Badge Award (sumber:instagram @ccipolri)

 

RADARBANSGA.COM - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri rencananya akan memberikan lencana penghargaan bagi masyarakat yang aktif melaporkan dugaan tindak pidana di media sosial.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan menjelaskan bahwa nantinya Badge Awards tersebut menjadi bentuk penghargaan kepada masyarakat yang telah membantu tugas dari kepolisian.

"Kita merespons dengan memberikan penghargaan terhadap masyarakat yang membantu tugas Polri. Khususnya tugas-tugas Direktorat Siber," ucap Ramadhan ketika diwawancarai.

Namun, pemberian Badge Award kepada masyarakat masih dalam bentuk rencana dan belum menjadi keputusan final. Hingga saat ini pihak Polri masih menyusun dan mengkaji kembali tolok ukur dan mekanisme pemberiannya. 

"Pokoknya nanti badge awards jadi berupa penghargaan yang akan diberikan oleh Direktorat Siber," ujar Ahmad.

Contoh Badge Awards tersebut rupanya telah ditampilkan di Instagram resmi Pori di @ccipolri dan sempat menghebohkan masyarakat. Sebelumnya, Polri secara resmi menghadirkan polisi virtual pada 23 Februari 2021 lalu. Hadirnya polisi virtual ini bertujuan agar masyarakat bisa memanfaatkan ruang dunia maya dengan baik dan tertib serta menghindari berbagai hal yang berpotensi masuk ke ranah pidana.

Hingga Jumat 12 Maret 2021, telah tercatat 89 akun yang mendapat teguran dari kepolisian. Namun setelah di total, dari 125 akun media sosial yang terindikasi melanggar pidana. Setelah diverifikasi lebih lanjut dengan pemeriksaan keterangan dari para ahli, hanya ada 89 akun media sosial yang dapat ditegur kepolisian.

Dari 89 akun media sosial yang mendapatkan terguran tersebut terbagi dari beberapa platform media sosial mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, hingga WhatsApp. Twitter menjadi platfrom sosial media teratas yang paling banyak mendapat teguran polisi virtual.

Tags : badge Award , Polisi virtual , Saber online

Video Terkait