Fitur Baru WhatsApp `View Once` Ini Kegunaannya

| Kamis, 05/08/2021 16:23 WIB
Fitur Baru WhatsApp `View Once` Ini Kegunaannya View Once WhatsApp (foto:JailBreak)

RADARBANGSA.COM - Whatsapp secara resmi merilis fitur terbaru miliknya `View Once` yang bisa menghilangkan kiriman foto dan video tepat setelah dilihat oleh penerima pesan.

Fitur View Once akan menghilangkan foto dan video dari obrolan sehabis dilihat oleh penerima pesan, atau hanya bisa dilihat satu kali. Fitur ini sebenarnya sudah pernah digunakan oleh media sosial lainnya yakni Instagram. 

Fitur ini pertama kali diungkapkan oleh salah satu pendiri Facebook Mark Zuckerberg dalam obrolan grup “tak terduga” dengan WABetaInfo.

WhatsApp mengeluarkan fitu ini karena melihat mengambil foto dan video lewat ponsel memang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan. Namun tidak semua hal yang dibagikan perlu disimpan dalam jejak digital yang permanen.

“Kami meluncurkan foto dan video View Once baru yang menghilang dari obrolan setelah dibuka, memberi pengguna kontrol lebih besar atas privasi mereka,” tulis Facebook dalam blog mereka, Selasa, 4 Agustus 2021.

Pihak Facebook juga menjelaskan fitur ini dapat membantu pengguna yang ingin menghemat memori di ponsel mereka. Karena fitur ini membuat tidak semua foto dan video yang dterima tersimpan ke memori ponsel.

Selain itu, fitur View Once WhatsApp juga telah dilindungi enkripsi end-to-end sehingga tak bisa dilihat oleh Whatsapp. Fitur ini bisa digunakan pada pesan perorangan dan belum bisa digunakan pada pesan grup.

Berikut langkah-langkah menggunakan fitur View Once WhatsApp :

  1. Pilih foto atau video yang akan dikirim
  2. Kilik tombol angka 1 dengan lingkaran di sebelah kiri tombol kirim untuk mengaktifkan fitur hilang setelah dilihat. Klik lagi untuk menonaktifkan fitur tersebut.
  3. Jika fitur foto atau video terhapus setelah dilihat diaktifkan, foto atau video tidak akan langsung menampilkan gambar. Penerima akan mendapat notifikasi dengan keterangan “photo” atau “video” dengan angka 1.
  4. Jika penerima telah membuka pesa, maka keterangan notifikasi foto dan video akan berubah menjadi “opened” (sudah dibuka).

Ada tips bagi pengguna yang ingin menyimpan video atau foto yang dikirimkan oleh pengirim dengan mengambil tangkapan layar atau merekamnya menggunakan perangkat lain.

 

Tags : View Once , WhatsApp

Video Terkait