Chromebook 4G LTE Buatan Anak Bangsa Resmi Dilucurkan

| Jum'at, 25/03/2022 13:35 WIB
Chromebook 4G LTE Buatan Anak Bangsa Resmi Dilucurkan Chromebook (foto:intel)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita baru saja meluncurkan Chromebook 4G LTE pertama yang di produksi dan di desain oleh anak bangsa.

“Kami memberikan apresiasi terhadap keberhasilan dari sinergi tersebut sehingga bisa memproduksi Chromebook 4G LTE pertama yang didesain dan diproduksi di Indonesia dengan komponen lokal di atas 40 persen,” ungkap Meperin dalam peluncuran, Kamis 24 Maret 2022.

Adapun pelaku industri yang berperan dalam kesuksesan ini adalah PT. Tata Sarana Mandiri (TSM) Qualcomm, Google, PT. Sat Nusapersada dan PT. Libera Technologies Indonesia yang kemudian membangun ekosistem yang bernama Indonesia Manufacturing Center Elektronika dan Telematika (IMC-ET).

Agus berharap, IMC-ET dapat terus berkolaborasi dengan stakeholders lainnya dalam mengembangkan ekosistem laptop dalam negeri.

“Sehingga di masa depan akan tercipta Intellectual Property (IP) milik anak-anak bangsa, yaitu IP Indonesia dan dapat digunakan bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan laptop dalam negeri,” tegasnya.

Chairwoman PT TSM Yovita Bellina menyampaikan,generasi Chromebook 4G LTE yang diluncurkannya telah dilengkapi dengan modul selular tertanam (built-in) 4G LTE yang memungkinkan pemakai memperoleh manfaat konektivitas secara nirkabel agar dapat digunakan di mana pun tanpa batas.

TSM juga akan memproduksi Chromebook versi WIFI-only sesuai dengan kebutuhan yang ada. Kedua model tersebut menggunakan prosesor Qualcomm 8-cores Snapdragon dengan efisiensi tinggi, yang sudah memenuhi spesifikasi program Merdeka Belajar.

“Kedua perangkat ini akan dipasarkan dengan nama Libera Merdeka Chromebook C150 untuk versi 4G LTE/Wifi, dan Chromebook C120 untuk versi Wifi. Kedua produk ini akan mulai beredar di pasar pada kuartal II tahun 2022,” ujar Yovita.

Ia menambahkan, pihaknya ingin membuktikan bahwa perusahaan akan mendukung penuh pemerintah dalam membangun kompetensi teknis serta kemandirian riset dalam negeri.

“Riset dan pengembangan tersebut dijalankan secara penuh oleh TSM, diproduksi dan dipasarkan melalui kolaborasi dengan para mitra,” tandasnya.

Untuk mencapai TKDN di atas 40%, Chromebook 4G LTE ini diproduksi secara CKD (completely knock down). Selain itu, alat Catu Daya (AC Powered Adapter/Charger) didesain secara penuh oleh TSM dan diproduksi di Indonesia untuk mendukung pasokan rantai ekosistem industri lokal.

“Dengan kolaborasi ini pula, kami ingin memperlihatkan bahwa kita mampu untuk secara bersama-sama membangkitkan kemandirian rantai ekosistem industri Indonesia serta membangkitkan kemampuan pelaku industri dalam negeri untuk berinovasi secara berkelanjutan,” pungkasnya.

Tags : Chromebook 4G , LTE

Video Terkait