Pesawat Terbesar di Dunia Berbahan Bakar Minyak Goreng, Berhasil Terbang 3 Jam

| Jum'at, 08/04/2022 14:54 WIB
Pesawat Terbesar di Dunia Berbahan Bakar Minyak Goreng, Berhasil Terbang 3 Jam Pesawat Komersil Terbesar di Dunia, Airbus A380 (foto:parisbeacon)

RADARBANGSA.COM - Pesawat terbesar di Dunia, Airbus A380 berhasil dalam uji coba penerbangan berbahan bakar minyak goreng bekas dan lemak buangan.

Pesawat buatan Prancis tersebut terbang selama tiga jam dari Bandara Blagnac, Toulouse pada 25 Maret 2022. Pihak Airbus mengklaim bahwa dalam uji coba pesawatnya menggunakan Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan atau Sustainable Aviation Fuel (SAF) yang sebagian besar terbuat dari minyak goreng bekas dan lemak buangan.

Melansir CNN, Airbus telah beberapa kali menguji penerbangan bertenaga SAF selama setahun terakhir, di antaranya A350 pada Maret 2021, dan pesawat A319neo yang terbang dengan minyak goreng pada Oktober.

"Meningkatkan penggunaan SAF tetap menjadi tujuan utama dalam mencapai ambisi industri emisi karbon nol pada tahun 2050," kata Airbus dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir CNN, Jumat, 8 April 2022.

Penggunaan minyak goreng bekas ini diprediksi akan membuat penerbangan menjadi lebih ramah lingkungan. SAF diklaim memberikan netralitas karbon karena karbondioksida (CO2) telah diserap saat bahan organiknya dikembangkan. Kini SAF sudah digunakan dalam jumlah terbatas oleh beberapa maskapai penerbangan. Namun, harganya yang tinggi membuat adopsi bahan bakar ini tidak dapat dilakukan dalam waktu dekat.

Airbus A380 sendiri adalah pesawat berbadan lebar besar yang diproduksi dan dikembangkan Airbus, yakni perusahaan produsen pesawat yang berbasis di Toulouse, Prancis. A380 meruapakan pesawat berpenumpang terbesar di dunia, Bahan bakar ini kemudian dipakai pada mesin tunggal Rolls Royce Trent 900.

 

 

 

Tags : Pesawat , Airbus , Bahan Bakar , Minyak Goreng