China Kembangkan Jaringan 6G Mulai Tahun Depan

| Jum'at, 31/03/2023 16:41 WIB
China Kembangkan Jaringan 6G Mulai Tahun Depan 6G (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah China akan menempatkan fokus utama pada teknologi 6G. China menganggap pihaknya memiliki keunggulan kompetitif dalam seluler karena kemampuan teknologi dan skenario aplikasinya, ungkap laporan Global Times

Pejabat Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT) mengatakan China akan merumuskan rencana khusus mengembangkan Litbang 6G dan juga mendorong otoritas lokal untuk mempercepat aktivitas industri yang mendukung 6G. Penelitian tentang "robot humanoid", metaverse, dan teknologi kuantum juga akan dipercepat, tulis laporan itu.

Operator di China telah memperluas infrastruktur 5G dengan cepat di tingkat nasional dan telah mengembangkan beberapa aplikasi untuk vertikal. Data pemerintah terbaru menunjukkan operator China telah menyebarkan total 2,3 juta BTS 5G pada akhir tahun lalu, terhitung lebih dari 60 persen dari total global.

Sistem 6G diharapkan akan segera meluncur secara komersil pada 2030; fase pertama standardisasi kemungkinan akan dimulai dari tahun 2025, yang mengarah ke spesifikasi 6G pertama dalam 3GPP Rilis 21 pada tahun 2028.

 

Tags : 6g , china

Video Terkait