Underwater Festival Banyuwangi Digelar 4-6 April, Nihayah: Monggo Datang

| Senin, 02/04/2018 15:18 WIB
Underwater Festival Banyuwangi Digelar 4-6 April, Nihayah: Monggo Datang Dok @banyuwangi_kab

BANYUWANGI, RADARBANGSA.COM - Banyuwangi menyimpan deretan pantai yang memiliki pesona keindahan yang alami dengan beragam karakternya. Jika selama ini orang lebih banyak mengenal tentang Pantai Rajegwesi, Teluk Hijau, Pulau Merah atau Wedi Ireng, sekarang bisa ditambahkan Pantai Bangsring sebagai salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi di Banyuwangi.

Sejak beberapa waktu terakhir, Pantai Bangsring sudah menjadi tujuan favorit wisatawan. Jangan heran jika datang di hari libur atau akhir pekan, tempat ini dipenuhi para wisatawan yang umumnya didominasi pengunjung dari luar kota.

Nah, pada tahun 2018 ini, di pantai tersebut akan digelar Underwater Festival yang salah satunya akan menampilkan Gandrung, salah satu tradisi kesenian khas Banyuwangi. Tapi bukan diatas panggung, melainkan Gandrung Menari di Dasar Laut.

Festival bawah laut ini akan digelar selama tiga hari, Kamis - Sabtu 4-6 April 2018. Terdapat beragam agenda unik yang akan mewarnai acara ini. Mulai dari "Nemo Dancing" (pengamatan ikan nemo selama 48 jam), pendidikan bahari, lomba kano, lomba lari sisir pantai, hingga underwater photography.

Anggota Fraksi PKB DPR RI, Nihayatul Wafiroh pun mengapresiasi gelaran tersebut. Selain promosi wisata, kata Nihayah, festival ini juga sebagai kampanye konservasi ekosistem laut yang bertujuan agar memberikan manfaat secara ekonomis bagi nelayan sekaligus menjaga kelestarian ekosistem didalamnya.

"Event ini sangat bagus. Saya kira cara-cara seperti ini bisa terus dilakukan agar Banyuwangi lebih dikenal,” kata Nihayah kepada radarbangsa.com, Senin 2 April 2018.

Festival tersebut merupakan wujud kreatif nelayan-nelayan Bangsring untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Menurut Nihayah, mereka tidak hanya menggelar event, namun juga menyisipkan edukasi bahari yang sangat bermanfaat bagi wisatawan.

Panorama underwater di Bangsring Banyuwangi yang sudah diakui dunia membuat Nihayah tak canggung mengajak seluruh elemen bangsa untuk hadir dalam festival itu. 

“Airnya jernih. Coralnya penuh warna. Ikan warna-warninya melimpah. Jadi siapapun monggo datang. Banyak sekali objek wisatanya disitu,” pungkas Nihayah.

Tags : Nihayatul Wafiroh , Underwater Bangsring , Banyuwangi