Festival Underwater Banyuwangi Sukses Pentaskan Gandrung Dalam Air

| Kamis, 05/04/2018 17:59 WIB
Festival Underwater Banyuwangi Sukses Pentaskan Gandrung Dalam Air Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyematkan omprok (mahkota penari Gandrung) ke salah satu penari Gandrung (dok banyuwangikabgoid)

BANYUWANGI, RADARBANGSA.COM - Atraksi menarik ditampilkan dalam Underwater Festival di Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi. Sebanyak 23 penari Gandrung dan pemusiknya menggelar pentas tari bawah laut di perairan Bangsring, Rabu 4 April 2018.

Siang itu, di kawasan wisata bahari Bangsring Underwater tampak para penari Gandrung, mengenakan kostum yang cukup unik di pantai Bangsring. Mengenakan ornamen Gandrung, seperti omprok, selendang, kipas tangan, kaus kaki, dan perlengkapan gandrung lainnya.

Namun para penari ini memakai peralatan selam lengkap dengan tabung oksigen di punggungnya. Mereka bersiap akan melakukan penyelaman bawah laut sambil menari Gandrung. 

Festival itu secara langsung dibuka oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas ditandai dengan pengenaan omprok (mahkota penari Gandrung) ke salah satu penari, mereka pun langsung diving menuju panggung pentas di kedalaman 10 meter.

"Ini merupakan cara kreatif nelayan-nelayan Bangsring untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Tidak hanya menggelar event semata. Namun mereka juga menyisipkan edukasi bahari kepada kita, semua" kata Anas.

Anas mengatakan nelayan-nelayan Bangsring terus menunjukkan perilaku positif untuk mengembangkan daerahnya. Ini adalah bentuk partisipasi rakyat dalam memajukan daerah.

“Mereka mengerjakan dengan kreatif, kini banyak wisatawan khususnya anak-anak akhirnya memilih laut sebagai pilihan berliburan. Dan syukur di Bangsring, mereka tidak hanya bisa bermain, namun ada sisi edukatif juga di sini," kata Anas.

Untuk diketahui, para penari dan pemusik ini merupakan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang, yang memiliki sertifikasi diving. Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) tersebut, sebelumnya pernah mengadakan penelitiann di kawasan Bangsring.

Dalam Underwater Festival tersebut, selain atraksi Gandrung Bawah Laut juga digelar "Nemo Dancing" (pengamatan ikan Nemo selama 48 jam), tari gandrung di dasar laut, pelatihan produk olahan ikan, dan edukasi bahari kepada 250 pelajar Banyuwangi.

Tags : Abdullah Azwar Anas , Banyuwangi , Underwater Bangsring

Berita Terkait