Kemenpar Gandeng Bali Tourism Board Gelar Karangasem World Music Festival

| Senin, 14/10/2019 07:14 WIB
Kemenpar Gandeng Bali Tourism Board Gelar Karangasem World Music Festival Peserta dan penyelenggara berswafoto di sela Karangasem World Music Festival 2019 (foto kemenpargoid)

BALI, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerjasama dengan Bali Tourism Board dan Dinas Pariwisata Karangasem menggelar Karangasem World Music Festival 2019 yang berlangsung pada 11-13 Oktober 2019 di Puri Gede, Karangasem Bali.

Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pemasaran dan Kerjasama Pariwisata Kementerian Pariwisata Prof. Dr. I Gede Pitana, berharap event ini membantu memulihkan kinerja pariwisata Bali pasca-meningkatnya status aktivitas Gunung Agung sekaligus salah satu rangkaian Program Bali Recovery 2019.

“Sejak peningkatan aktivitas Gunung Agung pada September 2017, pariwisata Bali menghadapi tantangan yang begitu besar. Banyak negara dan wisatawan maupun calon pengunjung khawatir terhadap kondisi Bali saat itu,” katanya di Karangasem, Bali, Sabtu 12 Oktober 2019.

Ia mengatakan, dengan musik yang menjadi bahasa universal, diharapakan World Music Festival ini sebagai trigger untuk memulihkan ekosistem pariwisata di Karangasem.

“Berbagai upaya pun telah dilakukan Kemenpar untuk memulihkan kepercayaan international, sehingga citra pariwisata Bali sebagai ikon pariwisata Indonesia dapat kembali normal,” katanya.

Prof Pit, sapaan akrab I Gede Pitana menambahkan, Program Bali Recovery yang digagas Kemenpar terus dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi. Di antaranya melalu jalur diplomasi, promosi pariwisata, hingga penyiapan mitigasi. Salah satu program Kemenpar adalah dengan menggelar berbagai event berskala internasional dalam rangkaian Program Bali Recovery.

“Berbagai event telah dilaksanakan di delapan kabupaten dan 1 kota se-Provinsi Bali di antaranya di Kabupaten Karangasem,” katanya.

Event ini meliputi Festival Pesona Tulamben, Discover Karangasem, Brotherhood Champ, Miss Universe Reunion, Festival Pesona Edelweiss, dan Karangasem Music World Festival.

Tags : Kemenpar , Bali Tourism Board , Karangasem , Festival