Mengenal Kampung Warna-Warni Tigarihit, Wisata Baru di Sekitar Danau Toba

| Rabu, 19/08/2020 16:44 WIB
Mengenal Kampung Warna-Warni Tigarihit, Wisata Baru di Sekitar Danau Toba Kampung Warna-Warni Tigarihit (Doc: Kemenparekraf)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Pemerintah baru saja meresmikan Kampung Warna-Warni Tigarihit sebagai destinasi wisata baru di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara.

Kampung Warna-Warmi Tigarihit ini terletak di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun. Tepatnya di Jalan Kolonel TPR Sinaga, yang tak jauh dari Kota Parapat. 

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo menyebut jika peresmian yang dilakukan ini sebagai momentum untuk membangkitkan pariwisata Danau Toba yang terdampak pandemi COVID-19.

"Peresmian Kampung Wisata Warna-Warni kami lakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," ujar Arie Prasetyo pada Rabu 19 Agustus 2020.

Ia mengatakan jika para penduduk yang rata-rata berprofesi sebagai pekerja pariwisata menyadari bahwa wilayah mereka bisa dijadikan objek wisata yang menarik.

Mereka kemudian mengubah cat rumah dengan beragam warna untuk membuat spektrum yang indah dan menarik untuk dinikmati wisatawan. Selain itu, seni mural yang ada di beberapa titik menjadikan Kampung Tigarihit semakin “instagramable”. 

“BPODT sangat memberi perhatian pada Tigarihit sebagai salah satu destinasi wisata di kawasan Danau Toba. Apalagi, masyarakat Tigarihit sangat mendukung hal ini,” kata Arie Prasetyo. 

Selain menikmati spektrum warna-warni di Kampung Tigarihit, Arie juga memperkenalkan dan mengajak wisatawan menikmati matahari terbenam (sunset) di Tigarihit.

Dalam acara peresmian tersebut, BPODT juga mempromosikan pertunjukan sunset di tepi Danau Toba yang eksotis. Selain itu terdapat parade obor dan pertunjukan lampion. 

“Kami ingin menampilkan semua sisi menarik dari Tigarihit. Menikmati matahari terbenam di Danau Toba dari perbukitan Tigarihit adalah sesuatu yang sangat menarik. Keindahan alam yang luar biasa ini tidak bisa kita ciptakan, sudah pemberian Tuhan. Bagaimana kita mau menikmatinya, di situlah ide dan kreativitas muncul,” papar Arie. 

 

Tags : Kampung Warna Warni Tigarihit , Danau Toba

Berita Terkait