Wisata Alam Diprediksi Populer Kembali Mulai Tahun Depan

| Kamis, 26/11/2020 20:34 WIB
Wisata Alam Diprediksi Populer Kembali Mulai Tahun Depan Wisata Bali. (Foto: anekawisatacom)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah memprediksikan jika tren wisata domestik dan wisata alam akan kembali populer pada 2021. 

Direktur Kajian Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Wawan Rusiawan mengatakan jika masyarakat masih akan cenderung memilih destinasi wisata domestik dibandingkan wisata luar negeri di tahun 2021. Tak hanya itu, masyarakat pun akan cenderung memilih wisata alam untuk tujuan destinasi wisatanya.

"Tren wisata di masa COVID-19 yang dapat dikatakan masih berlangsung pada 2021, yang pertama adalah masyarakat masih memilih tujuan wisata domestik. Kemudian juga kita lihat wisata alam menjadi populer," ujar Wawan di Jakarta, Kamis 26 November 2020

Lebih lanjut, ia menjelaskan pihaknya akan memberikan fokus dominan untuk membenahi destinasi wisata domestik khususnya wisata alam. Ini yang akan menjadi primadona di tahun 2021 hingga pascapandemi COVID-19.

Wawan juga menilai jika nantinya pasca pandemi, prioritas wisatawan akan segera bergeser pada pariwisata yang memiliki protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability).

"Wisatawan juga akan selektif bagaimana memilih destinasi yang aman untuk mereka kunjungi," kata Wawan. 

Oleh karenanya pihaknya memastikan penerapan CHSE dapat sepenuhnya diimplementasikan di tempat pariwisata. Hal ini penting mengingat protokol kesehatan juga menjadi daya tarik wisatawan.

"Protokol kesehatan ini perlu diterapkan bersinergi dengan aktivitas di semua sektor kehidupan terutama di pariwisata dan ekonomi kreatif, jadi semua harus paralel berjalan, kuncinya harus ada komitmen bersama untuk menjaga protokol kesehatan secara disiplin," tukas mereka.

Tags : wisata alam , wisata domestik

Berita Terkait