Kurangi Polusi Suara, India akan Ganti Suara Klakson Seperti Alat Musik

| Kamis, 09/09/2021 17:05 WIB
Kurangi Polusi Suara, India akan Ganti Suara Klakson Seperti Alat Musik Jalanan India (foto:Nakita)

 

RADARBANGSA.COM - Kementerian transportasi India menyatakan rencananya untuk membuat aturan baru mengenai penggunaan klakson. Pasalnya klakson kendaraan sudah menyebabkan polusi suara di negara padat penduduk itu. Suara klakson di India kemungkinan akan diubah menjadi seperti alat musik.

Menteri Transportasi India, Nitin Gadkari, mengatakan bahwa aturan mengenai klakson akan segera diselesaikan dan ditujukan langsung ke produsen yang membuat kendaraan baru.

Selain itu, Gadkari juga menceritakan pengalamannya mengenai polusi suara klakson di India.

"Saya tinggal di lantai 11 di Nagpur. Saya melakukan pranayama [latihan yoga untuk pernapasan] selama satu jam setiap pagi. Tapi klakson mengganggu kesunyian pagi. Setelah masalah ini, pikiran muncul di benak saya bahwa klakson kendaraan harus digunakan dengan benar," katanya dilansir CNNIndonesia.com, Kamis, 9 September 2021.

"Kami sudah mulai memikirkannya bahwa suara klakson mobil seharusnya menjadi instrumen India dan kami sedang mengerjakannya. Suara instrumen seperti tabla, perkusi, biola, terompet, suling seharusnya yang didengar dari klakson," ucapnya lagi.

Sebelumnya, aturan lain telah di berlakukan. Ditetapkannya zona dilarang membunyikan klakson di beberapa jalanan Indoa, namun sebagian besar pengemudi ridak mematuhinya.

Mengutip Cartoq, berdasarkan aturan yang berlaku di sana, kebisingan klakson tidak boleh melebihi 112 dB.

Suara klakson telah menjadi polusi dan masalah besar di banyak kota di India, hal tersebut tentunya sudah membuat berbagai masalah di kalangan masyarakat.

Solusi Gadkari dianggap berkemungkinan tidak akan menyelesaikan masalah, namun bisa jadi membuat masalah suara klakson menjadi tidak lebih mengganggu seperti saat ini.

Tags : PolusiSuara , India , KlaksonAlatMusik

Berita Terkait