Istiqlal Jadi Masjid Pertama di Dunia Raih Sertifikat Ramah Lingkungan EDGE

| Jum'at, 08/04/2022 15:10 WIB
Istiqlal Jadi Masjid Pertama di Dunia Raih Sertifikat Ramah Lingkungan EDGE Masjid Istiqlal. (Foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Masjid Istiqlal jadi tempat peribadahaan pertama di dunia yang berhasil meraih sertifikat Excellence in Design for greater Efficiencies (EDGE).

Sertifikat tersebut diberikan pada Masjid Istiqlal sebagai rumah ibadah dengan bangunan ramah lingkungan dan memenuhi standar bangunan hijau. Penghargaan diberikan lengsung oleh lembaga Internasional FInance Corporation (IFC) sebagai anggota kelompok Bank Dunia.

Melalui Country Manager IFC untuk Indonesia dan Timor-Leste Azam Khan yang diterima langsung oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar di Jakarta, Rabu, 6 April 2022.

"Kami merasa sangat terhormat dapat menjadi masjid pertama di dunia yang mendapatkan sertifikasi EDGE," kata Nasaruddin dilansir Kompas.

Dia menerangkan bahwa penghargaan sertifikasi EDGE ini merupakan komitmen dari Masjid Istiqlal untuk mendukung kelestarian lingkungan di kawasan masjid maupun di Indonesia.

Sebelumnya, Istiqlal telah direnovasi di berbagai bagian dengan konsep ramah lingkungan yang terbukti menurunkan jejak karbon secara signifikan.

Renovasi tersebut menghasilkan penghematan energi masjid saat ini mencapai 23 persen dengan penggunaan kran aliran rendah mulai dari pengolahan air dan daur ulang, serta efisiensi lainnya dengan konsumsi air secara keseluruhan akan berkurang hingga 36 persen.

Renovasi beberapa bagian Masjid Istiqlal dikerjakan bersama-sama oleh Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI), Green Building Council (GBC) Indonesia, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).



 

Tags : Masjid IStiqlal , Ramah Lingkungan , EDGE

Berita Terkait