Menparekraf Targetkan Devisa Pariwisata Capai 10 Miliar Dolar AS

| Selasa, 23/05/2023 21:06 WIB
Menparekraf Targetkan Devisa Pariwisata Capai 10 Miliar Dolar AS Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (Doc: Parekraf)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan capaian devisa sektor pariwisata mencapai 10 miliar dolar AS tahun 2023. Target tersebut naik dari sebelumnya sebesar 6 miliar dolar AS.

"Iya ditingkatkan dari yang awalnya 6 miliar dolar AS dengan data terbaru kami dapatkan target atas itu hampir 10 miliar dolar AS," ujar Sandiaga saat membuka Rakernas Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) di Jakarta, Selasa, 23 Mei 2023.

Target capaian devisa tersebut diharapkan terdongkrak, salah satunya melalui peningkatan jumlah penerbangan sehingga mampu menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dengan target 2023 sebesar 8,5 juta kunjungan wisman ke Indonesia.

Sandiaga yakin target tersebut tercapai, mengingat capaian pada kuartal I tahun ini terdapat 2,25 juta kunjungan wisman. Dengan kunjungan tersebut, ia pun optimis pendapatan devisa pariwisata berada di atas target atas pemerintah.

Kemudian dalam sektor ekonomi kreatif, Sandiaga menargetkan tahun ini menyumbang 26,46 miliar dolar AS dengan nilai tambah ekonomi sebesar Rp1.279 triliun, serta mampu menciptakan 45 juta lapangan kerja baru sektor parekraf.

Sandiaga dalam kesempatan tersebut turut mengajak GIPI sebagai garda terdepan untuk menghadirkan penerbangan langsung ke Indonesia sehingga semakin banyak wisman yang datang ke Tanah Air.  Hal ini karena konektivitas Indonesia masih tertinggal, sehingga perlu didorong untuk menghadirkan penerbangan langsung ke sejumlah destinasi wisata.

Tags : Menparekraf , Devisa , Pariwisata , GIPI , Indonesia