Menparekraf Ungkap Polusi di Jakarta Bisa Rugikan Sektor Pariwisata Hingga Rp30 Triliun

| Selasa, 22/08/2023 20:14 WIB
Menparekraf Ungkap Polusi di Jakarta Bisa Rugikan Sektor Pariwisata Hingga Rp30 Triliun Polusi udara di kawasan Jakarta. (Foto: twitter @most1058)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa polusi udara yang memburuk di Jakarta jika terus dibiarkan maka berpotensi merugikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dari Rp20 triliun hingga 30 triliun.

"Dampaknya pada ekonomi luas, tidak hanya di sektor parekraf bisa cukup besar," ujarnya dikutip dari okezone.com, Selasa, 22 Agustus 2023.

Namun sejauh ini dampak polusi udara di Jabodetabek belum begitu signifikan terhadap perekonomian, termasuk dalam target pencapaian kunjungan wisatawan Nusantara dan mancanegara.

Pemerintah sudah membuat beberapa kebijakan untuk menekan polusi udara seperti memberlakukan lagi work from home (WFH) bagi ASN di Jakarta selama tiga bulan ke depan dan penggunaan kendaraan listrik di tempat-tempat wisata.

Terkait WFH, Sandiaga sudah mengeluarkan surat edaran (SE) sejak 16 Agustus 2023 yakni terkait dengan Pelaksanaan Tugas Kedinasan bagi Pegawai Kantor Pusat di Lingkungan Kemenparekraf.

Tags : Menparekraf RI , Polusi Udara , Jakarta , Pariwisata , WFH