Kemenparekraf Komitmen Kembangkan Pariwisata Rendah Karbon di Indonesia

| Kamis, 12/10/2023 22:17 WIB
Kemenparekraf Komitmen Kembangkan Pariwisata Rendah Karbon di Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno (Menparekraf RI). (Foto: twitter @Kemenparekraf)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menandatangani Peta Jalan Dekarbonisasi (Decarbonisasi Roadmap) yang didukung oleh United Nations Development Programme (UNDP) untuk mengurangi emisi karbon. Penandatanganan tersebut dilakukan di Ministerial Meeting (MM) AIS Forum 2023, Bali Nusa Dua Conference Center (BNDCC) 1, Bali, Selasa 10 Oktober 2023.

Menurut Sandiaga, peta jalan tersebut merupakan wujud tanggung jawab Indonesia terhadap keberlanjutan dan ketahanan iklim. 

"Kemenparekraf ingin menyampaikan komitmen sektor pariwisata dalam mengeksplorasi praktik baik terkait dekarbonisasi dan climate action sektor pariwisata," kata Menteri Sandiaga dikutip dari okezone.com, Kamis, 12 Oktober 2023.

Program yang dilakukan oleh Kemenparekraf ini merupakan sebuah wujud komitmen Indonesia dalam mengajak dunia untuk bersama-sama mengatasi dan mengelola dampak perubahan iklim. 

Program dekarbonisasi ini bertujuan untuk mengurangi konsumsi energi dan meningkatkan efisiensi penggunaan energi, sekaligus mengurangi jumlah sampah dan limbah yang dihasilkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dengan adanya program ini akan membahas secara komprehensif berbagai isu yang dilaporkan, diseminasi aksi, hingga mekanisme yang menjadi tantangan dalam industri pariwisata.

Lebih jauh, Kemenparekraf bekerja sama dengan Kemenkomarves serta Kementerian ESDM di bawah ‘Climate Promise Project’ untuk melakukan survei pengelolaan energi dan limbah ke beberapa hotel dan dilanjutkan dengan aksi mitigasi penurunan emisi karbon.

Tags : Menparekraf RI , Pariwisata , Peta Dekarbonisasi , Karbon , Indonesia