9 Klub Indonesia Lolos Lisensi AFC, PSSI Harap Bisa Lebih Banyak

| Kamis, 21/10/2021 21:51 WIB
9 Klub Indonesia Lolos Lisensi AFC, PSSI Harap Bisa Lebih Banyak Logo PSSI (dok PSSI)

RADARBANGSA.COM - Klub sepakbola Indonesia terus berbenah untuk memajukan sepakbola Tanah Air. Terkini, sebanyak 9 klub lolos lisensi AFC dan lisensi nasional tahun 2021.

Adapun proses lisensi klub 2021 telah dimulai sejak April yang diawali dengan telah diakreditasinya regulasi klub lisensi klub oleh AFC. Kemudian, dilanjutkan dengan seminar virtual serta asistensi dan kunjungan ke sekretariat klub dan stadion terkait.

Khusus 2021, setiap klub diwajibkan untuk memiliki dua jenis lisensi. Pertama Lisensi AFC dan kedua Lisensi Klub Nasional 2021.

Adapun sembilan klub yang lolos lisensi AFC dan nasional adalah Arema FC, Bali United FC, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United FC, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya, dan PSM Makassar.

Jumlah ini merupakan peningkatan dibanding 2020 dimana cuma ada tujuh klub yang mendapat lisensi AFC. Tetapi ada juga penurunan jumlah klub yang mendaftar ikut program ini.

"Ada beberapa klub yang sama sekali tidak melakukan submit dokumen yang diperlukan. Kami berharap ke depannya semua klub memiliki kepedulian yang sama untuk dapat memaksimalkan lolos lisensi AFC," kata Ketua Komite Lisensi Klub Timmy Setiawan, seperti dikutip dari rilis PSSI, Kamis, 21 Oktober 2021.

Ditegaskannya, saat ini semua proses pengurusan lisensi serta kelengkapan dokumen sudah dilakukan secara digital. "Keputusan ini kami lakukan secara kolektif kolegial dan tantangan ke depannya semua ada jejak digital, termasuk dokumen yang diupload dan disubmit seluruhnya sudah serba digital. Semoga ke depannya proses dan klub yang lulus akan bertambah," ujarnya.

Tags : PSSI , Lisensi , AFC , Indonesia

Berita Terkait