Liga Champions 2022/2023 Hilangkan Aturan Gol Tandang, EUFA: Atas Asas Keadilan

| Selasa, 06/09/2022 20:46 WIB
Liga Champions 2022/2023 Hilangkan Aturan Gol Tandang, EUFA: Atas Asas Keadilan Logo Liga Champions Eropa. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Badan Sepakbola Eropa (EUFA) menghilangkan aturan gol tandang dalam kompetisi liga champions musim 2022/2023. Aturan tersebut sudah diterapkan pada kompetisi Eropa musim lalu.

Peraturan gol tandang membuat tim tamu yang mencetak gol saat bermain di kandang lawan punya kans yang besar untuk lolos ke babak berikutnya. Banyak pertandingan yang kemudian dibumbui drama karena peraturan ini.

UEFA telah meniadakan aturan gol tandang di babak kualifikasi dan babak sistem gugur Liga Champions, Liga Europa, dan UEFA Conference League. Ini berarti bahwa setiap ada laga yang berakhir imbang, sekarang akan langsung ke perpanjangan waktu, dan kemudian penalti jika masih tidak ada pemenang.

Berbicara tentang keputusan untuk menghapus aturan gol tandang, presiden UEFA Aleksander Ceferin mengatakan langkah itu dilakukan untuk memastikan keadilan.

"Meskipun tidak ada pendapat yang solid, banyak pelatih, penggemar, dan pemangku kepentingan sepak bola lainnya mempertanyakan keadilannya dan telah menyatakan preferensi agar aturan tersebut dihapuskan," ujarnya.

Tags : Liga Champions , EUFA , Gol Tandang