Top! Timnas Indonesia Tempati Ranking FIFA Tertinggi Sejak 10 Tahun Terakhir

| Rabu, 28/09/2022 19:36 WIB
Top! Timnas Indonesia Tempati Ranking FIFA Tertinggi Sejak 10 Tahun Terakhir Shin Tae-yong (Pelatih Timnas Indonesia). (Foto: PSSI)

RADARBANGSA.COM - Performa tim nasional (Timnas) Indonesia di kancah sepakbola internasional terus menjadi sorotan. Sejak dilatih Shin Tae-yong, penampilan pasukan `Garuda` terus menunjukkan penampilan positif.

Kemenangan di dua laga FIFA Matchday menghadapi Curacao menjadi bukti teranyar bagaimana performa para pemain timnas Indonesia terus menunjukkan peningkatan. Mereka bisa tampil lebih berani menghadapi tim yang levelnya berada diatas Indonesia.

Kehadiran pelatih asal Korea Selatan itu mulai berbuah manis dengan kelolosan timnas Indonesia level U-20 ke Piala Asia dan Piala Dunia tahun 2023 mendatang. Bahkan, timnas Indonesia senior juga berhasil melaju ke putaran final Piala Asia 2023 berkat tangan dingin Shin Tae-yong.

Penampilan impresif yang ditunjukkan tim `Garuda Nusantara` itu juga mempengaruhi ranking Indonesia di negara FIFA. Sebelumnya, Indonesia menduduki peringkat 173 dunia per Desember 2019.

Perlahan, Indonesia terus memperbaiki posisi dan kini nangkring di peringkat ke-152. Pada Juni 2021, peringkat FIFA Timnas Indonesia ada di tangga 175 dunia. Hanya dalam kurun 15 bulan, Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia naik 23 anak tangga.

Jika ditelisik lebih dalam, menempati posisi 152 merupakan pencapaian terbaik Timnas Indonesia dalam 10 tahun terakhir atau sejak 2012! Ketika menutup tahun 2012, ranking Timnas Indonesia berada di posisi 156.

Setelah dua kali menang atas Curacao, Shin Tae-yong meminta PSSI mencarikan lawan yang tangguh bagi Timnas Indonesia. Tak tanggung-tanggung, Shin Tae-yong meminta PSSI mencarikan tim yang menempati 50 ranking dunia sebagai lawan di FIFA Matchday selanjutnya.

"Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemain atas kerja keras selama pertandingan. Kami telah melalui FIFA Matchday secara maksimal," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan.

"Saya tidak bisa berbicara banyak. Namun, saya yakin tahun depan kami menghadapi lawan yang memiliki peringkat FIFA lebih tinggi (50 besar), supaya sepakbola Indonesia terus berkembang di masa depan," tegasnya.

Tags : Timnas Indonesia , Shin Tae-yong , FIFA , Sepakbola