Timnas Spanyol Juara EUFA Nations League 2023, Luis de la Fuente Sebut Kemenangan Epik

| Senin, 19/06/2023 16:15 WIB
Timnas Spanyol Juara EUFA Nations League 2023, Luis de la Fuente Sebut Kemenangan Epik Timnas Spanyol merayakan gelar juara EUFA Nations League 2023 usai menundukkan Kroasia via adu penalti, Senin (19/6) dini hari WIB. (Foto: inilahcom)

RADARBANGSA.COM - Tim nasional (Timnas) Spanyol berhasil merebut gelar juara EUFA Nations League 2023, Senin, 19 Juni 2023 dini hari WIB usai mengalahkan Kroasia lewat adu penalti di laga final. Pelatih timnas Spanyol, Luis de la Fuente menilai hasil tersebut sebagai kemenangan yang epik.

Tim Matador sempat dibuat kesulitan menghadapi Kroasia dalam laga yang digelar di Stadion Feijenoord, Rotterdam. Mereka mencatat penguasaan bola 53 persen, namun sulit menembus jala lawan.

Pasalnya, Spanyol hanya mencatat satu peluang bagus dari 21 tembakan ke gawang Kroasia. Di sisi lain, Timnas Kroasia yang merepotkan lewat serangan balik, memperoleh lima peluang bagus dari 12 tembakan. Namun sampai duel berjalan hingga babak tambahan, skor 0-0 tetap menghiasi laga Kroasia versus Timnas Spanyol.

Luis de la Fuente merasa bangga dengan pencapaian Timnas Spanyol di UEFA Nations League 2022/2023. Bagi De La Fuente menyebut, mengalahkan Kroasia di final lewat adu penalti merupakan kemenangan epik.

"Kita harus ingat, 16 tim terbaik di Eropa terlibat dan empat terbaik berada di semifinal. Mencapai final adalah pencapaian besar. Kami layak mendapat pujian," kata De la Fuente.

Diungkapkannya, Jordi Alba dkk menghadapi lawan yang sulit dan berpengalaman karena Kroasia finis ketiga di Piala Dunia 2022 lalu. Untuk itu, dirinya mengapresiasi keberhasilan timnya menjadi juara EUFA Nations League.

"Kami melawan tim top yang berpengalaman dan finis ketiga di Piala Dunia, jadi ini masalah besar. Secara keseluruhan, kami pantas memenangkannya lebih awal," sambungnya.

Mantan pelatih Timnas Spanyol U-21 ini mengaku senang karena Spanyol merebut kemenangan lewat adu penalti dan para pemain berhasil menjalankan tugas sebagai algojo penalti. "Tetapi kemenangan ini menjadi lebih epik jika melakukannya dengan cara adu penalti. Saya sangat senang untuk para pemain karena mereka telah melakukan pekerjaan yang brilian dan mengambil penalti dengan brilian," tegasnya.

Tags : EUFA Nations League , Spanyol , Kroasia , Juara

Berita Terkait