Gianluigi Buffon Bakal Pensiun dari Sepakbola Profesional

| Kamis, 03/08/2023 22:45 WIB
Gianluigi Buffon Bakal Pensiun dari Sepakbola Profesional Gianluigi Buffon (Juventus FC). (Foto: Getty Images)

RADARBANGSA.COM - Penjaga gawang veteran Italia, Gianluigi Buffon akan pensiun sebagai pemain profesional. Kiper yang saat ini membela Parma itu telah membuat rencana untuk gantung sepatu dan pengumuman resmi akan menyusul.

Mantan penjaga gawang Juventus dan PSG itu kini telah memasuki usia 45 tahun. Ia akan mengakhiri kontrak satu tahun lebih cepat dengan Parma.

Melansir Corriere della Sera via Daily Star, Gianluigi Buffon akan memiliki peran baru di Timnas Italia setelah pensiun. Ia akan bekerja sebagai ketua delegasi Gli Azzurri.

Posisi itu dikosongkan sejak terakhir kali dipegang oleh rekan senegaranya Gianluca Vialli, yang meninggal pada Januari 2023.

Buffon layak mendapat pekerjaan baru di Timnas Italia. Sebab ia adalah legenda bagi Gli Azzurri sebagai pemain dengan caps terbanyak yakni 176 penampilan dalam rentang waktu tahun 1997 hingga 2018.

Hanya Fabio Cannavaro yang hampir mendekati catatan itu dengan 136 caps, sementara Leonardo Bonucci 121 caps.

Tidak hanya untuk negaranya, Buffon juga dikenal sebagai kiper paling sukses di Serie A, terutama bersama Juventus.

Buffon juga memegang rekor penampilan terbanyak oleh satu pemain di Serie A (657 kali), meraih 10 gelar juara, serta menjadi pemain tertua yang meraih Scudetto setelah melakukannya bersama Juve pada tahun 2020 di usia 42 tahun.

Prestasi lain dari Gianluigi Buffon adalah tanpa kebobolan gol Serie A, yang mencapai 974 menit berturut-turut.

Selama kariernya, Buffon juga memenangkan lima kali penghargaan Kiper Terbaik Dunia IFFHS.

Tags : Gianluigi Buffon , Penjaga Gawang , Italia , Pensiun

Berita Terkait