Jay Idzes Resmi Jadi Warga Negara Indonesia, Skuad Timnas Indonesia Makin Kuat?

| Kamis, 28/12/2023 20:20 WIB
Jay Idzes Resmi Jadi Warga Negara Indonesia, Skuad Timnas Indonesia Makin Kuat? Jay Noah Idzes resmi menjadi WNI. (Foto: bolanet)

RADARBANGSA.COM - Salah satu pemain yang akan dinaturalisasi untuk membela tim nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia, Jay Noah Idzes resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Hal itu setelah Jay menjalani pengambilan sumpah janji setia pewarganegaraan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta Kamis.

Pengambilan sumpah dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun, yang kemudian diikuti oleh Jay.

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya berjanji melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing. Mengakui, tunduk, dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan UUD 1945," kata Jay dalam acara pengambilan sumpah.

Jay Noah Idzes merupakan pesepak bola asal Belanda kelahiran 2 Juni 2000. Pemain yang biasa menempati posisi bek tengah tersebut merupakan keturunan Indonesia dari kakek (ayah dari ibunya) yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Selain Jay, Nathan Tjoe-A-On pada awalnya juga diundang untuk menjalani upacara sumpah WNI. Namun, pemain berusia 22 tahun tersebut berhalangan hadir karena masih ada urusan dengan klubnya, Swansea City. 

Proses naturalisasi Idzes menjadi WNI berlangsung singkat. Pada awal Desember ini, Komisi III dan X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui pengajuan naturalisasi, yang kemudian dilanjutkan dengan persetujuan di Sidang Paripurna DPR.

Adapun Jay saat ini masih membela klub Serie B Italia, Venezia. Ia sudah bermain sepak bola sejak usia tujuh tahun.

Kehadiran Jay dinilai akan menambah kekuatan timnas Indonesia yang tampil di ajang Piala Asia 2023 Januari 2024 mendatang. Saat ini timnas Garuda tengah menjalani pemusatan latihan di Turki.

Tags : Jay Idzes , WNI , Naturalisasi , Indonesia , Venezia

Berita Terkait