Kemendes PDTT Gelar Forum Temu Bisnis Prukades

| Jum'at, 02/02/2018 23:36 WIB
Kemendes PDTT Gelar Forum Temu Bisnis Prukades Menteri Eko Sandjojo saat menunjukan hasil Prukades dalam forum temu bisnis Prukades (Photo: Kemendesa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo menyatakan bahwa keterlibatan pemangku kepentingan dalam pengembangan produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades) sangat dibutuhkan.

Hal itu Disampaikan saat Menteri Eko Sandjojo memberikan sambutan dalam acara Forum Temu Bisnis di Kemendes PDTT Jakarta, 1 Februari 2018.

Dalam kesemepatan itu pula, Eko mengatakan bahwa dalam forum tersebut para Bupati diberi kesempatan saling menunjukan produk unggulan masing-masing prukades di masing-masing daerah.

“Kemudian bank dan dunia usaha mendengar. Dalam hal ini bank dan dunia usaha akan melihat opportunity (peluang),” ujarnya.

Politisi PKB itu menuturkan, banyak desa miskin karena tidak punya pasar. Pasar itu apa? Ya sarana pasca panen kalau sektor pertanian. "Nah, sarana pasca panen tidak bisa masuk ke desa karena skala produksinya tidak cukup sehingga menjadi tidak ekonomis,” jelasnya.

Program Prukades, sambung Eko, merupakan model yang dapat menguntungkan pihak petani maupun swasta. Masyarakat dapat berperan sebagai pelaku proses produksi, sedangkan swasta hanya berlaku sebagai off taker, rantai pemasaran, dan rantai input produksi.

Tags : Menteri Eko Sandjojo , Prukades

Berita Terkait