Fantastis, Jumlah Investasi Prukades Diperkirakan Tembus 47 Triliun

| Kamis, 08/03/2018 23:10 WIB
Fantastis, Jumlah Investasi Prukades Diperkirakan Tembus 47 Triliun Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengungkapkan bahwa sudah ada 102 kabupaten kota yang yang melakukan kerjasama dengan berbagai pihak terkait pengembangan Program Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades).

"Ada 102 bupati dan 68 dunia usaha. Mereka menandatangani 200 lebih kerjasama pengembangan Prukades di daerah masing-masing," kata Menteri Eko Sandjojo di Jakarta, Kamis 8 Maret 2018.

Menurut Eko, dari semua yang ditandatangani itu diperkirakan dapat menyerap tenaga kerja hingga 10 juta jiwa. Bahkan nilai investasinya diprediksi mencapai Rp47 triliun.

Model kerjasamanya, lanjut Eko, mulai dari kerjasama off taker sampai dengan investasi dengan besaran nilai per projek mencapai Rp 4 triliun. "Salah satunya adalah perkebunan gula di daerah Sumba Timur. Itu satu perusahaan yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten dan daerah transmigrasi." jelasnya.

"Perusahaan itu memproduksi gula yang diharapkan pada 2019 nanti dapat memproduksi 200 ribu ton gula," katanya.

Politisi PKB ini menuturkan bahwa manfaat yang diharapkan dari model Prukades tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa, meningkatan pendapatan asli desa, meningkatkan PDRB Kabupaten dan meningkatkan pendapatan perusahaan mitra.

Tags : Menteri Desa , Prukades , Investasi ,

Berita Terkait