Mentan Target Buka Satu Juta Hektare Lahan Rawa di Indonesia

| Kamis, 05/04/2018 21:20 WIB
Mentan Target Buka Satu Juta Hektare Lahan Rawa di Indonesia Amran Sulaiman (Menteri Pertanian RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menargetkan membuka satu juta hektare lahan rawa di beberapa daerah di Indonesia. Rencana itu merupakan rangkaian dari program Lumbung Pangan Dunia 2045.

“Kami ingin bangunkan lahan rawa lebak dan pasang surut. Biayanya murah Rp 3 juta per hektare untuk rawa lebak dan Rp 4 juta per hektare untuk pasang surut,” kata Amran di Kalimantan Selatan, Kamis, 5 April 2018.

Menteri Amran saat mengunjungi lahan rawa lebak seluas 750 hektare di Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, menyebutkan bahwa wilayah Kalsel memiliki lahan rawa lebak seluas 67 ribu hektare. Dia menargetkan, akan merampungkan pembukaan lahan itu paling lambat sepuluh tahun ke depan.

“Kami inginkan Kalimantan tidak tergantung dari daerah lain, khususnya Kalsel. Kemudian, kami ingin ekspor ke negara tetangga. Lahan kita ini sangat subur, harus kita produktifkan," kata Amran.

Selain itu, Amran mengunggulkan komoditas pangan padi, jagung dan kedelai di Kalsel. Sebab, tanaman pangan tersebut sangat familiar dengan lahan dan iklim di Kalsel.

Amran mengingkapkan bahwa dirinya juga akan memberikan sarana dan prasarana di Kalsel. "Hanya butuh pompa yang harganya Rp 150 juta per unit. Itu bisa untuk memenuhi kebutuhan air 200 hektar," kata Amran.

Tags : Kementerian Pertanian , Lahan Rawa

Berita Terkait