Garut Bertransformasi jadi Produsen Jeruk

| Minggu, 20/05/2018 19:40 WIB
Garut Bertransformasi jadi Produsen Jeruk Salah satu pengunjung memetik Jeruk Garut langsung dari kebun. (Foto: rebanascom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Buah jeruk memegang peran penting sebagai komoditas unggulan Kabupaten Garut, Jawa Barat. Hal ini terbukti dengan adanya 1.400 hektare lahan pertamanan jeruk di Garut dengan jenis jeruk yang beragam, meliputi jeruk siem, keprok Garut, konde dan jeruk orange Priangan.

"Sentra utama jeruk tersebar di Kecamatan Samarang, Bayombong, Sucina Raja, Wanaraja, Pangatikan, Malambong, Cisurupan, Cigedug, Sukaresmi dan Pasirwangi," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Ir. Beni Yoga Gunasantika dalam keterangan tertulis, Sabtu, 19 Mei 2018.

Ketua Kelompok Cinta Tani salah satunya, menyampaikan bahwa kelompoknya mengembangkan jeruk pada lahan seluas 2 hektare. Rata-rata produksi yang dihasilkan, menurutnya, mencapai 1 hingga 2 kuintal per pohon dalam kurun waktu satu tahun.

Ia juga menyampaikan produksi jeruk memberi keuntungan luar biasa dengan biaya produksi yang relatif murah, yakni Rp 250 ribu per pohon setiap satu tahun. Padahal, harga jeruk siem di kebun dibanderol Rp 10.000 hingga Rp 13.000 per kg, sedangkan harga jeruk Garut adalah Rp 20.000 sampai Rp 25.000 per kg.

"Biaya produksi Rp 250 ribu per pohon, per tahun. Ini sungguh luar biasa," tutur H. Asep Syaifuddin dari kelompok Cinta Tani.

Oleh karena itu, demi mendorong kepopuleran Garut sebagai penghasil jeruk sekaligus dalam rangka memperingati hari Krida Pertanian, akan diadakan Citrus Vaganza pada Agustus tahun ini.

Melihat hal tersebut, Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Suwandi yang mengunjungi Desa Cinta Rakyat Kecamatan Samarang Garut, mengatakan pemerintah pusat akan mendorong pengembangan upaya Garut menjadi klaster jeruk di Indonesia.

"Kami terus mendorong Pemda Garut agar lebih giat lagi mempromosikan budidaya jeruk, baik skala klaster maupun skala pekarangan," pungkasnya.

Tags : Kabupaten Garut , Jeruk

Berita Terkait