Jokowi: Pemerataan Pembangunan untuk Wujudkan Indonesia Sentris

| Selasa, 27/11/2018 16:40 WIB
Jokowi: Pemerataan Pembangunan untuk Wujudkan Indonesia Sentris Ir. Joko Widodo (Presiden RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, alasan pemerintah membangun infrastruktur diluar pulau Jawa selama empat tahun terakhir bertujuan untuk pemerataan kesejahteraan dan kemajuan di seluruh wilayah Indonesia. Orientasi Pemerintah tidak hanya Jawa sentris, tapi Indonesia sentris. 

"Orientasi kita memang tidak Jawa sentris, tidak hanya di Pulau Jawa tapi Indonesia Sentris. Inilah perubahannya," kata Jokowi seperti dilansir dari antaranews.com, Selasa, 27 November 2018.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, pembangunan harus dilakukan secara merata agar ada sentra-sentra ekonomi di luar Pulau Jawa. Karena, lanjutnya, pemerintah ingin membangun Indonesia untuk keadilan sosial.

"Akan tetapi, beragam infrastruktur itu tak melulu dibangun di Pulau Jawa. Karena kita ingin membangun Indonesia untuk sebuah keadilan sosial," ucapnya.

Jokowi mengungkapkan bahwa beragam infrastruktur yang dibangun saat ini memang belum dapat dirasakan dampaknya secara instan. Pembangunan masif yang dilakukan saat ini ibarat pil pahit yang harus dirasakan sebelum Indonesia menjadi bangsa dan negara yang kuat serta sehat untuk kedepannya.

Selain pembangunan yang masih, pemerintahan Jokowi juga telah memangkas banyak regulasi untuk mempermudah izin usaha. Hasilnya, peringkat kemudahan berusaha di Indonesia baik dari posisi 120 lebih naik ke posisi ke-72 dari seluruh negara di dunia. 

Tags : Pembangunan Infrastruktur , Indonesia Sentris , Jokowi

Berita Terkait