Tingkatkan Pembangunan Kelautan dan Perikanan, RI Gandeng Jepang

| Selasa, 29/01/2019 16:25 WIB
Tingkatkan Pembangunan Kelautan dan Perikanan, RI Gandeng Jepang Produksi ikan Indonesia. (Foto: okezonecom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia menjalin kerjasama dengan negara Jepang. Melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Indonesia berupaya meningkatkan pembangunan kelautan dan perikanan berkelanjutan.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Rifky Effendi Hardijanto mengatakan bahwa pemerintah Indonesia menyambut baik keinginan pemerintah Jepang yang berencana untuk bermitra dengan para pebisnis di Indonesia.

Kerjasama tersebut diantaranya dalam hal mengembangkan sektor pabrik produksi, sistem penyimpanan ikan, distribusi pengiriman, pengolahan serta perdagangan ikan.

"Kami menerima kunjungan delegasi JETRO (Japan External Trade organization/Organisasi Perdagangan Luar Negeri Jepang) Jepang. Tentu kunjungan ini kita berharap dapat meningkatkan kesempatan-kesempatan bisnis pelaku usaha di Indonesia," ujarnya di Jakarta, Selasa, 29 Januari 2019.

Rifky menjelaskan bahwa ada 13 perusahaan Jepang yang bergerak di sektor manufacturing, cold storage, logistik hadir ke Indonesia. Sementara, dari Indonesia dihadiri oleh perusahaan sektor processing dan trading ikan.

Dia pun mengharapkan kerja sama ini dapat meningkatkan potensi bisnis yang ada di Indonesia dalam sektor perikanan. "Semoga Jepang bisa menambahkan dan mengembangkan potensi-potensi bisnis yang bisa dikembangkan bersama," tuturnya.

Diketahui, Perusahaan-perusahaan Jepang yang hadir dalam forum tersebut yakni FTI Japan Co., Ltd, PT Daisei Retail Indonesia, Nichirei Logistics Group Inc, Hanwa Co., Ltd, Harada Corporation, Dah Chong Hong (Japan) Ltd, PT Seino Indomobil Logistics, PT Sumitomo Indonesia, Taiho Shoji Co., Ltd, Zensho Holdings Co., Ltd, PT Sinfonia Technology Indonesia, Okamoto Seihyo, dan Musashi Industry.

Tags : Indonesia , Jepang , Kelautan dan Perikanan