Bantah Desa Fiktif, Mendes: Desanya Ada, Penduduknya Ada

| Jum'at, 08/11/2019 22:39 WIB
Bantah Desa Fiktif, Mendes: Desanya Ada, Penduduknya Ada Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim (Menteri Desa PDTT). (Foto: twitter @halimiskandarnu)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar membantah kabar adanya `Desa Fiktif` yang disebut menerima anggaran dana Desa. Disampaikannya, pihaknya sudah melakukan penelusuran terkait dugaan keberadaan desa fiktif tersebut.

"Sejauh ini belum ada," kata Gus Halim, panggilan akrabnya di Komplek Istana Presiden, Jakarta, Jumat, 8 November 2019.

Baca Juga: Mendes Gus Halim Tegaskan Keberhasilan Dana Desa Jika Warga Merasakan Manfaatnya

Gus Halim mengatakan, berdasarkan penelusuran tim Kementerian Desa, ada penduduk yang menghuni desa-desa yang diduga fiktif itu. Salah satunya Desa Konawe.

Ditegaskannya, keberadaan desa itu jelas, ada penduduknya dan dana desa yang dikucurkan ke sana pun dipertanggungjawabkan dengan baik.

"Kalau yang dimaksud fiktif itu sesuatu yang enggak ada kemudian dikucuri dana, dan dana enggak bisa dipertanggungjawabkan, itu enggak ada," terangnya.

Ia pun mengaku bingung dengan beredarnya kabar desa fiktif ini. "Karena desanya ada, pencairan juga ada, sehingga saya bingung yang namanya fiktif namanya bagaimana," ujarnya.

Baca Juga: Gus Halim Pimpin Kemendes, Gus Muhaimin: Pekerja Keras yang Mengabdi Tanpa Batas

Gus Halim mengaku telah melaporkan temuannya tersebut kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Sebelumnya, Sri Mulyani menyebutkan bahwa kemunculan desa-desa baru imbas adanya kucuran dana desa. 

Tags : Mendes PDTT , Desa Fiktif , Dana Desa , Gus Halim