Salip Tol Terpeka, Tol ini Bakal Jadi yang Terpanjang di Indonesia

| Sabtu, 16/11/2019 18:08 WIB
Salip Tol Terpeka, Tol ini Bakal Jadi yang Terpanjang di Indonesia Jalan tol trans Sumatera Bakauhunei-Terbanggi Besar. (Foto: twitter @Pujangga1123)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pengoperasian tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) sepanjang 189 Km. Tol tersebut saat ini menjadi jalan bebas hambatan terpanjang di Indonesia.

Namun, rekor tersebut tak lama lagi bakal tersalip. Tol tersebut adalah ruas Pekanbaru-Padang yang panjangnya mencapai 255 Km.

Ruas tol itu ditargetkan baru tersambung pada 2024 mendatang. Pembangunannya sudah diresmikan Jokowi pada Februari 2018 lalu.

Sebagaimana dilansir dari detik.com, Sabtu, 16 November 2019, menurut Pproyeksinya, ruas tol Padang-Pekanbaru akan memiliki lima seksi. Seksi 1 menyambungkan Padang-Sicincin (28 km) dan Seksi 2 Sicincin-Payakumbuh (78 km).

Kemudian, seksi 3 Payakumbuh-Pangkalan (45 km), seksi 4 Pangkalan-Bangkinang dengan panjang 56 kilometer, dan seksi 5 Bangkinang-Pekanbaru (37 km).

Selain itu, jalan tol ini juga akan dilengkap dengan terowongan yang menembus jajaran Bukit Barisan. Setidaknya ada dua terowongan yang masuk dalam perencanaan untuk menembus bukit barisan. 

Tags : Tol Terpeka , Jalan Tol , Jokowi , Pekanbaru , Padang

Berita Terkait