Menkeu Minta Dirjen Bea dan Cukai Tanggap Keluhan Pengusaha

| Selasa, 26/11/2019 07:45 WIB
Menkeu Minta Dirjen Bea dan Cukai Tanggap Keluhan Pengusaha Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta jajaran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) untuk dapat meneladani dan mencontoh sikap `mendengarkan` Presiden untuk diterapkan saat melaksanakan tugas sehari-hari.    

Menkeu membagi salah satu pengalamannya mengikuti rapat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan para pengusaha. Dari rapat tersebut terlihat kesungguhan, kesabaran, dan keinginan Presiden untuk memahami permasalahan yang dihadapi para pengusaha dan mencari solusi yang tepat bersama-sama.

“Waktu Bapak Presiden ketemu dengan asosiasi TPT (Tekstil dan Produk Tekstil), mereka muncul dengan banyak lists (permasalahan). It’s a good conversation. Bapak Presiden  bertemu asosiasi itu tidak favoring satu demi satu,” kata Menkeu saat memberikan arahannya kepada jajaran pimpinan di DJBC pada acara rapat koordinasi (Rakor) DJBC di Kantor Pusat DJBC, Jakarta, Senin, 25 November 2019.

Sikap seperti ini diharapkan dapat diteladani, diikuti dan diterapkan dalam gaya kepemimpinan (leadership) jajaran pejabat DJBC untuk memecahkan permasalahan yang ada.

“Jadi, saya ingin kalau Presiden saja sabar menerima (dan mendengarkan keluhan) para pengusaha, in genuinely ingin memecahkan masalah (maka meneladani sikap Presiden), kita harus mampu melayani (masyarakat) dengan lebih baik,” tambah Menkeu.

Jadi lesson learnt yang harus selalu diingat oleh jajaran DJBC adalah harus memupuk sikap dan mentalitas untuk bersedia mendengarkan, memahami situasi dan bekerjasama mencari pemecahan masalah dengan cepat dan tepat. Inovasi dan kreativitas untuk selalu mencari cara bekerja yang lebih efektif dan efisien sangat diperlukan. Namun jajaran DJBC juga harus memberikan kepastian dan kemudahan berusaha. Itulah gaya leadership yang diharapkan Menkeu dapat diterapkan di jajaran DJBC.

Tags : Sri Mulyani , Kemenkeu , Bea dan Cukai , Pengusaha