Komisi XI Pertanyakan Dana untuk UMKM

| Kamis, 05/12/2019 16:10 WIB
Komisi XI Pertanyakan Dana untuk UMKM Anggota DPR RI Komisi XI, Didi Irawadi (Foto: Nasional.tempo.co)

JAKARTA, RADARBANSA.COM - Anggota DPR RI Komisi XI, Didi Irawadi mempertanyakan optimalisasi dana untuk Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) kepada Bank Internasional saat Rapat Dengar Pendapat (RDP). Didi menilai hal ini sangat penting karena peran UMKM cukup besar dalam menghadapi krisis ekonomi global.

"Seperti pada saat Krisis Ekonomi 98 itu, UMKM yang menjadi penopang utama selamatkan ekonomi, kami minta bapak - bapak bisa optimalkan program untuk UMKM, karena bapak dari Bank Internasional pasti bisa berperan lebih besar," ujar Didi di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 5 Desember 2019.

Sementara Wakil Ketua Komisi XI, Eriko Sotarduga menilai bahwa kalangan menengah kebawah UMKM ini akan menjadi penyanggah utama jika krisis perekonomian terjadi.

"Tidak peduli seberapa besar CSR yang dikeluarkan oleh bank, yang penting harus tepat sasarannya, kami juga punya konstituen yang dapat mengawasi dan mengerti akan hal itu," kata Eriko.

Anggota Komisi XI Achmad Hatari meminta pihak Bank Internasional untuk berinovasi dan tidak berpangku tangan mengawal perekonomian Indonesia.

"Jadi yang perlu bapak pahami, kami ini sudah lama di komisi XI, semua anggota disini rata-rata dua tiga periode, tidak ada yang cuma satu periode langsung ada di Komisi XI, minimal masuk dulu di komisi VI. Kami ini benar-benar berharap bapak-bapak benar bisa turut betul berinovasi untuk menyelamatkan perekonomian kita," ungkap Hatari.

Respon yang dikeluarkan oleh keempat pihak bank yaitu Bank ANZ Indonesia, Standard Chartered Bank dan Citibank Indonesia adalah berjanji akan terus meningkatkan perannya dalam pemberian pembiayaan pada UMKM di Indonesia. 

"Kami setuju dengan pendapat bapak dan ibu dan kami juga gandeng BUMN yang akan langsung terpusat untuk menangani bidang UMKM,” ujar Perwakilan Pimpinan dari Citibank.

Tags : Dana UMKM , Bank Internasional , Komisi XI ,

Berita Terkait