Tutup Keketuaan Chile di Singapura, APEC Rangkum Sejumlah Capaian

| Selasa, 10/12/2019 16:44 WIB
Tutup Keketuaan Chile di Singapura, APEC Rangkum Sejumlah Capaian Asia Pacific Economic Cooperation-APEC (imager: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ada beberapa kesepakatan dalam Forum Kerja Sama Ekonomi di Kawasan Asia Pasifik (Asia-Pacific Economic Cooperation/APEC), di bawah keketuaan Chile.

Dalam rilisnya, Direktur Perundingan APEC dan Organisasi Internasional, Kementerian Perdagangan (Kemendag), Antonius Yudi Triantoro mengungkapkan, selama keketuaannya, Chile memprioritaskan upaya mewujudkan masyarakat digital Asia Pasifik dan peningkatan integrasi kawasan melalui pemanfaatan industri 4.0.

“Perwujudan masyarakat digital Asia Pasifik dilakukan melalui implementasi peta jalan internet dan digital ekonomi yang disepakati pada 2017. Dalam implementasinya, Indonesia menekankan pentingnya upaya APEC mengurangi kesenjangan digital di kawasan, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam menguasai teknologi dan inovasi, serta mengakui kondisi sosial ekonomi dan regulasi domestik yang berbeda di antara anggota APEC,” jelas Yudi, Senin 9 Desember 2019 kemarin.

Selain itu, kata Yudi, Chile juga memprioritaskan pemberdayaan perempuan untuk mewujudkan pertumbuhan inklusif dan langkah nyata komitmen mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan. Untuk itu, Ekonomi APEC menyepakati peta jalan untuk mendorong pemberdayaan perempuan (Santiago Roadmap), memerangi praktik perikanan ilegal, dan memperkuat ketahanan ekosistem laut.

“Santiago Roadmap menunjukkan keseriusan APEC mendorong pertumbuhan inklusif dan memastikan pertumbuhan ekonomi dapat dinikmati secara merata. APEC juga melihat pentingnya perhatian terhadap kelestarian lingkungan hidup dan sumber daya alam untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” tambah Yudi.

Tags : APEC Singapura , Kerjasama Ekonomi

Berita Terkait